relation: http://eprints.uny.ac.id/80163/ title: IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI KELAS AWAL SD NEGERI PAYAK creator: Oktavia, Rina Cahyani subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di kelas awal SD Negeri Payak, meliputi rancangan program, pelaksanaan, evaluasi, rencana tindak lanjut, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas awal, serta pustakawan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Payak sudah diimplementasikan sekitar 2016–2017 dalam tiga tahapan sejak digalakkannya program tersebut oleh pemerintah. Akan tetapi hingga saat ini sekolah belum juga memiliki prestasi dari literasi yang dijalankan. Program ini termuat dalam visi dan misi sekolah serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan programnya dievaluasi melalui monitoring rutin oleh kepala sekolah dan penilaian oleh masing-masing guru kelas untuk menilai capaian kemampuan literasi setiap siswanya. Literasi sekolah didukung program penunjang dari sekolah berupa memutarkan lagu-lagu secara rutin setiap pagi, sarana prasarana literasi yang memadai, serta dukungan dari berbagai pihak, dengan hambatan berasal dari diri siswa dan dari program literasi sekolah yang belum terjadwal secara sistematis. Selain itu, sekolah belum memiliki Tim Literasi Sekolah, sehingga kegiatan merancang, melaksanakan, mengelola, mengawasi pelaksanaan, dan mengevaluasi program belum dapat berjalan dengan optimal. Pelaksanaan program literasi yang tidak optimal ini berpengaruh pada kemampuan literasi yang dikuasai siswa, di mana masih ditemukan beberapa siswa yang belum lancar dalam membaca. Kata kunci: rancangan, pelaksanaan, evaluasi, rencana tindak lanjut, faktor pendukung dan penghambat Gerakan Literasi Sekolah date: 2024-01-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/80163/1/RINA%20CAHYANI%20OKTAVIA_SKRIPSI_PGSD_19108241034.pdf identifier: Oktavia, Rina Cahyani (2024) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI KELAS AWAL SD NEGERI PAYAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.