eprintid: 80153 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/01/53 datestamp: 2024-01-15 07:52:36 lastmod: 2024-01-15 07:52:36 status_changed: 2024-01-15 07:52:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kasmadi, Much corp_creators: Dr. Suhadi, M.Pd. title: Pembelajaran Bolavoli dengan Model TGFU Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah Atas ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: TGfU, Bolavoli, aspek kognitif, afektif, psikomotor note: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding Bola Voli di Sekolah Menengah Atas yang sesuai untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa SMA. Penelitian ini termasuk penelitian research and development dengan menggunakan pendekatan mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA se-Kabupaten Bantul. Sekolah yang dipilih menjadi lokasi penelitian yaitu SMAN 1 Jetis, SMAN 1 Bantul, SMAN 2 Bantul, SMAN 1 Sewon, SMAN 1 Pundong, dan SMAN 1 Imogiri sebanyak 128 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar observasi (kognitif, afektif, dan psikomotor). Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada aspek kognitif siswa mendapatkan nilai paling banyak dalam kategori sedang yaitu sebesar 41%. Pada aspek afektif siswa paling banyak mendapatkan nilai kerja sama yang baik. Pada aspek psikomotor siswa paling banyak mendapatkan skor pada indikator mempertahan ruang atau daerah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGfU untuk permainan bola voli sudah tersusun secara konten, empiris, dan sudah tervalidasi oleh ahli. Model pembelajaran TGfU layak untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa terutama pada nilai kerja sama. Model pembelajaran TGfU dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. date: 2024-01-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Kasmadi, Much (2024) Pembelajaran Bolavoli dengan Model TGFU Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/80153/1/fulltext_much%20kasmadi_21633251049.pdf