@phdthesis{UNY80153, title = {Pembelajaran Bolavoli dengan Model TGFU Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Siswa Sekolah Menengah Atas}, year = {2024}, author = {Much Kasmadi}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan}, note = {Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.}, month = {January}, keywords = {TGfU, Bolavoli, aspek kognitif, afektif, psikomotor}, url = {http://eprints.uny.ac.id/80153/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding Bola Voli di Sekolah Menengah Atas yang sesuai untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa SMA. Penelitian ini termasuk penelitian research and development dengan menggunakan pendekatan mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA se-Kabupaten Bantul. Sekolah yang dipilih menjadi lokasi penelitian yaitu SMAN 1 Jetis, SMAN 1 Bantul, SMAN 2 Bantul, SMAN 1 Sewon, SMAN 1 Pundong, dan SMAN 1 Imogiri sebanyak 128 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar observasi (kognitif, afektif, dan psikomotor). Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pada aspek kognitif siswa mendapatkan nilai paling banyak dalam kategori sedang yaitu sebesar 41\%. Pada aspek afektif siswa paling banyak mendapatkan nilai kerja sama yang baik. Pada aspek psikomotor siswa paling banyak mendapatkan skor pada indikator mempertahan ruang atau daerah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGfU untuk permainan bola voli sudah tersusun secara konten, empiris, dan sudah tervalidasi oleh ahli. Model pembelajaran TGfU layak untuk mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa terutama pada nilai kerja sama. Model pembelajaran TGfU dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik.} }