%0 Thesis %9 S1 %A Junaidi, Adzra Diza %B PGSD %D 2024 %F UNY:80151 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR INTERNASIONAL AL-AZHAR 55 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/80151/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Internasional Al-Azhar 55 Yogyakarta dari dua tingkat yaitu tingkat sekolah dan tingkat kelas yang masing-masingnya terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif bersubjek penelitian berupa guru, kepala sekolah, tim kurikulum juga murid dan kelas mata pelajaran kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Internasional Al-Azhar 55 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara pihak yang bersangkutan, observasi dengan tambahan catatan lapangan kelas pada mata pelajaran kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Internasional AlAzhar 55 Yogyakarta, juga dokumentasi perihal yang berkaitan dengan implementasi kurikulum Cambridge di sekolah untuk kemudian keabsahan datanya dicek melalui triangulasi dan peningkatan ketekunan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat forum diskusi antarguru berjudul Curriculum Day yang digunakan pada perencanaan kedua tingkat implementasi kurikulum juga evaluasi tingkat sekolah, (2) pelaksanaan implementasi kurikulum Cambridge di sekolah untuk tingkat kelas dipenuhi oleh kegiatan Hands On Activity dan menggunakan sumber juga media digital seperti Twinkl, Grammarly, dll. dan (3) Tes tulis digunakan pada evaluasi pembelajaran, namun pada ujian tengah semester yang dilakukan adalah presentasi di depan orangtua mengenai pembelajaran satu term sebelumnya yang dinamakan Student Led Centered. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Cambridge, Sekolah Dasar.