TY - THES A1 - Citra, Yulia N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Evaluasi context pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurikulum merdeka. 2) Evaluasi input pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurikulum merdeka. 3) Evaluasi proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurikulum merdeka. 4) Hasil evaluasi produk atau outcome pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurikulum merdeka di SLBN se-DIY yang meliputi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SLBN se-DIY. Evaluasi dilakukan dengan model Context, Input, Process, Product (CIPP) dimana pada masing-masing konsep evaluasi memiliki variabel dan kriteria yang berbeda. Konsep evaluasi Context dengan variabel berupa perangkat pembelajaran Penjasorkes. Konsep evaluasi Input dengan variabel latar belakang guru, sarana dan prasarana serta pembiayaan. Konsep evaluasi Process pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes di SLBN se-DIY. Konsep evaluasi Product hasil ahkir pembelajaran penjasorkes melibatkan responden sebanyak 7 orang guru Penjasorkes dan 4 waka kurikulum sekolah. Teknik pengambilan data pada penelitian ini meliputi Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Data Kualitataif yang didapatkan dengan analisis data cost and benefit dengan menjabarkan hasil dari pengambilan data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi Context terkait penyusunan perangkat pembelajaran berupa alur tujuan pembelajaran (ATP) dan Modul ajar masuk dalam kategori baik. Untuk evaluasi Input setiap guru dan siswa memiliki sarana prasarana yang memadai dalam menunjang Pembelajaran Penjasorkes Kurikulum Merdeka. Selain itu, terkait dengan pembiayaan guru penjasorkes masih belum paham sepenuhnya terhadap pembiayaan yang didapatkan dalam penujag kegiatan pembelajaran penjasorkes kurikulum merdeka, akan tetapi dijelaskan secara rinci oleh waka kurikulum dari keempat SLBN se-DIY. Adapun evaluasi Process berkenaan dengan pelaksanaan guru dalam Pembelajaran Penjasorkes menunjukan bahwa kedua sekolah masuk pada kriteria sangat baik dan kedua sekolah lainya masuk dalam kategori cukup baik. Selanjutnya untuk evaluasi Product terhadap penilaian ahkri pembelajaran penjasorkes kurikulum merdeka didapatkan bahwa guru penjasorkes sudah memakai sistem penilaian formatif dan sumatif dengan menyesuaikan terhadap karakteristik anak dan hambatan ketunaan yang mereka miliki di SLBN se-DIY, seecara umum masuk dalam kategori baik hal ini ditunjukan dari data yang diperoleh peniliti di lapangan. ID - UNY80109 AV - public N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2024/01/16/ KW - Kurikulum Merdeka KW - pembelajaran Penjasorkes KW - SLB Negeri se-DIY TI - Studi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Kurikulum Merdeka di Sekolah Luar Biasa Negeri se-DIY UR - http://eprints.uny.ac.id/80109/ M1 - tesis ER -