eprintid: 80106 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/01/06 datestamp: 2024-01-16 07:45:17 lastmod: 2024-01-16 07:45:17 status_changed: 2024-01-16 07:45:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arumsasi, Peni creators_name: Jaedun, Amat title: Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Fase E pada SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Kulon Progo. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: evaluasi program, P5, sekolah menengah kejuruan abstract: Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Fase E di SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022 di Kabupaten Kulon Progo meliputi komponen: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model evaluasi countenance stake. Evaluasi dilaksanakan di SMKN 1 Pengasih, SMKN 2 Pengasih, dan SMK Muhammadiyah 2 Wates, mulai Februari sampai dengan Mei 2023. Responden dalam penelitian ini yaitu 65 guru atau tim fasilitator P5 dan 564 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket serta melalui telaah dokumen dan wawancara. Uji validitas isi menggunakan formula Aiken’s V dan uji validitas konstruk dengan Exploratory Factor Analysis. Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha untuk instrumen angket dan Intraclass Correlation Coefficient untuk instrumen telaah dokumen. Validasi isi terhadap instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment, dan instrumen dinyatakan valid, dengan koefisien Aiken V ≥ 0,78. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menghitung nilai mean. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan P5 termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 36,13 dan kemampuan tim fasilitator dalam mengembangkan perangkat perencanaan pembelajaran P5 termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 75,09. (2) Pelaksanaan pembelajaran P5 masuk kategori sedang dengan skor rata-rata 87,21 dan pelaksanaan asesmen P5 masuk kategori sedang dengan skor rata-rata 33,47. (3) Hasil pengolahan dan pelaporan hasil asesmen P5 masuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 53,80 dan karakter profil pelajar pancasila peserta didik SMK Fase E masuk kriteria sedang dengan skor rata-rata 92,03. Berdasarkan hasil penelitian, maka satuan pendidikan perlu menyusun sistem dan program yang lebih detail, pemangku kebijakan perlu membuat kebijakan terhadap pengembangan kapasitas tim fasilitator, pemerintah perlu mendorong dan mendampingi satuan pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas guru dan evaluasi secara berkala, perlu dilakukan penelitian secara lebih mendalam untuk mengetahui penyebab terjadinya kesenjangan. date: 2023-10-17 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis referencetext: Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama. Af'idah, I., & Jaedun, A. (2020). Curriculum evaluation of French learning in senior high school. REID (Research and Evaluation in Education), 6(1), 10-19. https://doi.org/10.21831/reid.v6i1.28006 Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1). https://doi.org/10.1177/0013164485451012 Aktamis, H., & Ergin, O. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements. Asia Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 9(1). Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory, Monterey. CA: Brooks/Cole. Andhika, Muhammad. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Keterampilan Vokasional di Madrasah Aliyah Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta. Thesis: Universitas Negeri Yogyakarta Apandie, C., Rahmelia, S., Risvan, L., & Kodun, N. (2022). Interrelated values between Bhineka Tunggal Ika and religious moderation to strengthen pluralism in Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(1). https://doi.org/10.21831/jc.v19i1.45174 Azwar, Saifuddin (2012). Reliabilitas dan Validitas Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, 83(2). https://doi.org/10.1080/00098650903505415 BPS.go.id Chotimah, U., Alfiandra, A., Faisal, E. El, Sulkipani, S., Camelia, C., & Arpannudin, I. (2018). Pengintegrasian Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1). https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17288. Depdiknas. (2003). Undang - Undang RI Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas Esquivel, F. A. (2023). Emotional impact of bullying and cyberbullying : perceptions and ef- fects on students Impacto emocional do bullying e do cyberbullying : percepções e efeitos nos alunos. 367–383. https://doi.org/10.55905/rcssv12n1-022 Fitzpatrick, J.L., Sanders, J.R., & Worthen, B. R. (2011). Ch 10: A comparative analysis of approaches. In Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines (4th Ed.) Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. In European Business Review, 26(2). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128 Hayati, M. N., Supardi, K. I., & Prodi, S. S. M. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPA SMK dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek Muriani. Innovative Journal of Curriculum, 2(1). Herminarto, S., dkk. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press Hwang, W. Y., Chen, N. S., Dung, J. J., & Yang, Y. L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving Using A Multimedia Whiteboard System. In Educational Technology and Society, 10(2). Isnaini, R. L. (2020). Kajian Reflektif: Relevansi Pendidikan Humanis-Religius dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26945 Jaedun, A., Omar, M. K., Kartowagiran, B., & Istiyono, E. (2020). A Precedence Evaluation of Demand and Supply Between Vocational High School Graduates and Workforce Requirement In Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(1). https://doi.org/10.21831/pep.v24i1.29580 Kemendikbud (2013). Bahan Penataran Pendidik : Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014, tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Kemendikbudristek Kemendikbudristek. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 162/M/2021, tentang SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Kemendikbudristek Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022, tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbudristek Lee, J. H. (2020). Reinterpreting Sustainable Architecture: What does It Mean Syntactically? Sustainability (Switzerland), 12(16). https://doi.org/10.3390/su12166566 Madaus, G.F., Scriven, S., Stufflebeam, D. L. (1993). Evaluation Models: Viewpoints on Educational Human Services Evaluation. Dordrecht: Kluwer- Nijhoff Publishing. Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Academia Edu, 7(2). Mukhlason, Akhmad, dkk. (2020). Analisa Indikator SMK Penyumbang Pengangguran di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education, 29 – 36. Mustika, Indira. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Team teaching Di SMK. Educational Management Unnes, 3(2). Patton, M. Q. (1996). A World Larger than Formative and Summative. American Journal of Evaluation, 17(2), 131-144. Doi:10.1177/109821409601700205 Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1). Prasasti, I. H., Istiyono, E., Tinggi, S., Informatika, M., & Stmik, K. (2018). Developing an Instrument of National Examination of Equivalency Education Package C of Mathematics Subject. REID (Research and Evaluation in Education), 4(1), 58–69. Provus, M.M. (1969). The Discrepancy Evaluation Model: An Approach to Lokal Program Improvement and Development. United States: Pittsburgh Public School Quinn, S. & Kanter, S. (1984). Team teaching: An Alternative to Lecture Fatigue. Institute of Education Science. https://eric.ed.gov/?id=ED251159 Sadeli, E. H., & Priyanto, E. (2020). Students’ Perception Towards The Democratic Values Of Pancasila On Preventing Radicalism. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(2). https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32628 Soewalni, S. (2007). Team teaching. Disampaikan dalam Program Pelatihan Applied Approach 2007 di Lembaga Pengembngan Pendidikan UNAS. Setiyawati, I. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Memanfaatkan Adobe Flash Cs3 untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31597/ja.v2i1.127 Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press Stake, R. E. (1967). The Countenance of Educational Evaluation. Teachers College Record. The Voice of Scholarship in Education, 68(7). https://doi.org/10.1177/016146816706800707 Steinmetz, A. (2000). The Discrepancy Evaluation Model. Evaluation in Education and Human Services. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_7 Stufflebeam, Madaus, & Kelaghan. (2000). Evaluation Models – Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation (2 citation: Arumsasi, Peni and Jaedun, Amat (2023) Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Fase E pada SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/80106/1/tesis-peni%20arumsasi-21701251012.pdf