<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa\r\nkelas IV SDN Menayu 2 pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar melalui\r\npenerapan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI). Pendekatan CGI\r\nmemberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep sendiri dalam\r\npembelajaran serta pembelajarannya berpusat pada siswa.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model\r\nKemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN\r\nMenayu 2 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik\r\npengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan\r\ndokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi aktivitas guru dan\r\nsiswa serta soal pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar. Teknik analisis data\r\nyang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator\r\nkeberhasilan adalah apabila ≥ 75 % dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang\r\nditentukan ≥ 75.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cognitively\r\nGuided Instruction (CGI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat\r\nbangun datar siswa kelas IV SDN Menayu 2. Berdasarkan hasil tes pemahaman\r\nkonsep siklus I nilai rata-rata 75,04 dengan ketuntasan hasil tes pemahaman konsep\r\nmeningkat dari 17,39% menjadi 65,22% dan pada siklus II nilai rata-rata 83,21\r\ndengan ketuntasan hasil tes pemahaman konsep meningkat kembali menjadi\r\n86,96%. Keberhasilan pendekatan CGI dalam meningkatkan pemahaman konsep\r\nsifat-sifat bangun datar dikarenakan dilakukan dengan diawali masalah kontekstual,\r\nmenggunakan benda konkret, adanya kegiatan diskusi kelompok, kegiatan\r\npresentasi dan menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan.\r\nKata kunci : Pemahaman Konsep, Pendekatan Cognitively Guided\r\n Instruction, Sekolah Dasar"^^ . "2024-01-15" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "ISNA NURUL"^^ . "LAILI"^^ . "ISNA NURUL LAILI"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2 (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN\r\nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN\r\nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION\r\nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #80078 \n\nPENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN \nDATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN \nCOGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION \nPADA KELAS IV SDN MENAYU 2\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .