%0 Thesis %9 S1 %A LAILI, ISNA NURUL %B PGSD %D 2024 %F UNY:80078 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COGNITIVELY GUIDED INSTRUCTION PADA KELAS IV SDN MENAYU 2 %U http://eprints.uny.ac.id/80078/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Menayu 2 pada pembelajaran sifat-sifat bangun datar melalui penerapan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI). Pendekatan CGI memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep sendiri dalam pembelajaran serta pembelajarannya berpusat pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menayu 2 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah apabila ≥ 75 % dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cognitively Guided Instruction (CGI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar siswa kelas IV SDN Menayu 2. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep siklus I nilai rata-rata 75,04 dengan ketuntasan hasil tes pemahaman konsep meningkat dari 17,39% menjadi 65,22% dan pada siklus II nilai rata-rata 83,21 dengan ketuntasan hasil tes pemahaman konsep meningkat kembali menjadi 86,96%. Keberhasilan pendekatan CGI dalam meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun datar dikarenakan dilakukan dengan diawali masalah kontekstual, menggunakan benda konkret, adanya kegiatan diskusi kelompok, kegiatan presentasi dan menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Pendekatan Cognitively Guided Instruction, Sekolah Dasar