%0 Thesis %9 S1 %A SEPTIANI, SEPTIANI %A SUKANTI, M.Pd, %A ADENG PUSTIKANINGSIH, M.Si, %A DHYAH SETYORINI, M.Si, %B FAKULTAS EKONOMI %D 2012 %F UNY:8006 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/8006/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, 2) Pengaruh Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa, dan 3) Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Pemberian Tugas secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Sanden Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sanden Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 87 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 87 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Kecerdasan Emosional (EQ) dan Pemberian Tugas yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji coba instrumen dilakukan kepada 33 responden. Uji validitas menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Akuntansi. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan ditunjukkan nilai = 0,505, = 0,255, thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (5,401>1,988) dan diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 53,231+0,401X1, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan ditunjukkan nilai = 0,532, = 0,283, thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (5,799 > 1,988) dan diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 51,000+0,385X2; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Pemberian Tugas secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan ditunjukkan nilai Rx(1,2)y = 0,604, = 0,364, Fhitung lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (24,075>3,105) dan diperoleh persamaan regresi ganda Y = 43,648 + 0,257X1 + 0,272. Besarnya sumbangan relatif dari variabel Kecerdasan Emosional (EQ) 45%, variabel Pemberian Tugas 55%. Besarnya sumbangan efektif variabel Kecerdasan Emosional (EQ) 16,4% dan untuk variabel Pemberian Tugas 20%. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.