TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/80042/ Y1 - 2024/01/15/ A1 - ULMUNIROH, ANISA TI - PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BACIRO ID - UNY80042 AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia. Selain itu, peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS pada kelas IV di SD Negeri Baciro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Research). Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model Kemmis & Taggart. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV di SD Negeri Baciro yang terdiri 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan melalui tes dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat antara pra siklus, siklus I, dan siklus II pembelajaran yang telah dilakukan dengan membandingkan antara pra siklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil belajar pada penelitian ini adalah sebanyak 34% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pra siklus sampai siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 75% pada siklus I meningkat menjadi 83% pada siklus II. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar ER -