TY  - THES
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/80042/
Y1  - 2024/01/15/
A1  - ULMUNIROH, ANISA
TI  - PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN
MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR
DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BACIRO
ID  - UNY80042
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Problem Based Learning menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat
Indonesia. Selain itu, peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS
pada kelas IV di SD Negeri Baciro.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Research).
Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model
Kemmis & Taggart. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV di SD Negeri
Baciro yang terdiri 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan melalui tes dan
observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.
Peningkatan tersebut dapat dilihat antara pra siklus, siklus I, dan siklus II
pembelajaran yang telah dilakukan dengan membandingkan antara pra siklus,
siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil belajar pada penelitian ini adalah sebanyak
34% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pra
siklus sampai siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 75% pada siklus I
meningkat menjadi 83% pada siklus II.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
ER  -