relation: http://eprints.uny.ac.id/80042/
title: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN  MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR  DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BACIRO
creator: ULMUNIROH, ANISA
subject: Pendidikan IPS
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran  Problem Based Learning menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil  belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat  Indonesia. Selain itu, peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS  pada kelas IV di SD Negeri Baciro.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Research).  Desain penelitian tindakan kelas pada penelitian ini mengacu rancangan model  Kemmis & Taggart. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV di SD Negeri  Baciro yang terdiri 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan melalui tes dan  observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.  Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran Problem  Based Learning menggunakan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar  siswa pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.  Peningkatan tersebut dapat dilihat antara pra siklus, siklus I, dan siklus II  pembelajaran yang telah dilakukan dengan membandingkan antara pra siklus,  siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil belajar pada penelitian ini adalah sebanyak  34% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari siklus pra  siklus sampai siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari 75% pada siklus I  meningkat menjadi 83% pada siklus II.  Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
date: 2024-01-15
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/80042/1/SKRIPSI%20ANISA%20ULMUNIROH%20FULL.pdf
identifier:   ULMUNIROH, ANISA  (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BACIRO.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.