<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer."^^ . "Tes berbasis komputer menghasilkan dua informasi penting yaitu akurasi respons dan waktu\r\nrespons sebagai indikator mengukur kemampuan peserta tes. Selama ini hasil tes diestimasi hanya\r\nmenggunakan informasi akurasi respons tanpa melibatkan waktu respons, dan setiap tes pasti dibatasi\r\noleh waktu, sehingga estimasi hasil tes tersebut dinilai belum dapat menggambarkan kondisi tes\r\nsesungguhnya. Penelitian ini mengembangkan persamaan matematis model bersama (joint models)\r\nakurasi respons dan waktu respons secara hirarki. Model ini mampu meningkatkan akurasi estimasi\r\nhasil tes. Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan persamaan matematis model hirarki akurasi\r\nrespons dan waktu respons yang mampu menjelaskan kondisi realistis tes berbasis komputer dengan\r\nbatasan waktu menjawab; (2) Mengetahui estimasi parameter model hirarki; (3) Membandingkan\r\nkeakuratan estimasi parameter antara model hirarki akurasi respons dan waktu respons dengan model\r\nterpisah akurasi respons dengan waktu respons pada data simulasi dan empiris; (4) Membandingkan\r\nkecocokan model hirarki akurasi respons dan waktu respons dengan model terpisah akurasi respons\r\nterpisah dengan waktu respons pada data simulasi dan empiris.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengukuran untuk mengestimasi\r\nhasil tes. Analisis utama dalam penelitian ini, yaitu (1) mengembangkan kerangka model bersama\r\n(joint models) akurasi respons dan waktu respons secara hirarki kemudian mengestimasi parameter\r\nmodel hirarki menggunakan metode Bayesian Markov Chain Monte Carlo (MCMC) Gibbs Sampling;\r\n(2) Menguji keakuratan hasil estimasi parameter model hirarki dan menguji kecocokan model hirarki\r\npada data simulasi dan data empiris. Data simulasi dibangkitkan menggunakan skenario dengan\r\nmengkombinasikan jumlah peserta tes dengan jumlah butir dan besaran korelasi (indeks person rho\r\ndan item rho). Data empiris dalam penelitian ini merupakan hasil CBT SNPDB Madrasah Aliyah\r\nNegeri unggulan Insan Cendekia (MAN IC) Kemenag RI tahun 2019 bidang Matematika yang terdiri\r\ndari 15 butir soal dan diikuti oleh 1.559 peserta tes. Tes dilaksanakan dengan batasan waktu\r\nmengerjakan adalah 30 menit. Data dianalisis secara deskrpitif kuantitatif.\r\nKesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Produk yang dihasilkan adalah kerangka model\r\nhirarki yang tersusun atas model Teori Respons Butir (TRB) 2 parameter dan model Lognormal pada\r\ntingkat pertama (level individu) dan model normal bivariat pada tingkat kedua (level kelompok).\r\nModel disusun oleh person parameter (parameter kemampuan dan kecepatan menjawab) dan item\r\nparameter (parameter tingkat kesulitan butir, daya beda butir dan time intensity) serta person rho dan\r\nitem rho parameter; (2) Parameter model hirarki di estimasi menggunakan metode Bayesian dengan\r\nprior menggunakan fungsi distribusi normal bivariat dengan mean sama dengan nol dan ragam sama\r\ndengan satu dan fungsi distribusi Inverse-Wishart untuk mengestimasi nilai rata-rata dan varian\r\ncovarian dari fungsi distribusi normal bivariat; (3) Implementasi model hirarki dan terpisah pada data\r\nsimulasi menunjukkan bahwa secara umum nilai bias dan RMSE penduga parameter model hirarki\r\nlebih kecil jika dibandingkan dengan model terpisah dan bertambahnya jumlah peserta tes dapat\r\nmeningkatkan akurasi estimasi penduga parameter model hirarki; Pada data empiris menunjukkan\r\nbahwa nilai varians penduga parameter model hirarki lebih kecil (lebih evisien) dari penduga\r\nparameter pada model terpisah; (4) Implementasi model hirarki dan terpisah pada data simulasi dan\r\nempiris menghasilkan informasi bahwa nilai statistik Deviance Information Creterion (DIC) model\r\nhirarki lebih rendah (kecil) jika dibandingkan nilai DIC model terpisah, sehingga model hirarki\r\ndinyatakan lebih cocok dibandingkan dengan model terpisah untuk mengungkap kondisi realistis tes\r\nberbasis kompeter dengan batasan waktu menjawab."^^ . "2023-11-13" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Ninik"^^ . "Zuroidah"^^ . "Ninik Zuroidah"^^ . . "Kumaidi"^^ . "Kumaidi"^^ . "Kumaidi Kumaidi"^^ . . . . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. (Text)"^^ . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. (Other)"^^ . . . . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. (Other)"^^ . . . . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. (Other)"^^ . . . . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. (Other)"^^ . . . . . . "Model Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #80040 \n\nModel Hirarki Teori Respons Butir Dua Parameter dengan Variabel Random Waktu Respons untuk Tes Berbasis Komputer.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Matematika"@en . .