TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/80039/ AV - restricted TI - PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD NEGERI GUMULAN PANDAK BANTUL M1 - skripsi ID - UNY80039 PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Nurjannah, Aldila Miftakhul Y1 - 2024/01/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang karakter anak-anak yang mulai luntur. Sehingga, banyak tindak kejahatan yang pelakunya adalah anakanak di bawah umur. Pendidikan karakter religius dinilai menjadi salah satu langkah pembentukan karakter bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius yang dilaksanakan di SD Negeri Gumulan, Pandak, Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Ada tiga tahap yang dilakukan dalam penerapan pendidikan religius, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tempat penelitian ini adalah SD Negeri Gumulan, Pandak, Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yakni ada pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan data berupa deskripsi penerapan pendidikan karakter religius di SD Negeri Gumulan, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi secara lengkap. Semua tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi telah diterapkan di SD Negeri Gumulan dengan baik. Mulai dari penerapan pendidikan karakter religius berbasis kelas, maupun budaya sekolah. Kata kunci: Pendidikan karakter religius, Pembentukan karakter, SD Negeri Gumulan ER -