@phdthesis{UNY80034, author = {Shafa Rahma Fadhila}, month = {January}, year = {2024}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, title = {PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI TAMANAN 1}, url = {http://eprints.uny.ac.id/80034/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flash card terhadap kemampuan membaca permulaan kelas 1 SDN Tamanan 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Tamanan 1 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan hasil analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan media flash card dibandingkan dengan media power point terhadap kemampuan membaca permulaan kelas I sekolah dasar. Hasil uji-t yang digunakan, yaitu paired sample t-test dengan hasil 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, terdapat pengaruh signifikan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card. Hasil perhitungan perbedaan pengaruh dilakukan dengan uji-t independen. Nilai pretest, Sig.(2- tailed) sebesar 0,112 {\ensuremath{>}} 0,05, di mana tidak terdapat perbedaan pengaruh media flash card dengan power point. Sedangkan pada nilai posttest diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, di mana terdapat perbedaan pengaruh media flash card dengan power point terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Kata kunci: media flash card, kemampuan membaca, membaca permulaan} }