@phdthesis{UNY80032, year = {2024}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, author = {RISCA JAYANTI RATMADIYAH}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 4 WATES DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING THINKING ACTIVITY}, month = {January}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 4 Wates menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Wates yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi, (3) wawancara, dan (4) dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) soal tes, (2) lembar observasi keterlaksanaan strategi pembelajaaran DRTA. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan anaalisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 4 Wates. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman ditunjukkan dengan siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat mengikuti kerja kelompok dengan baik. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata pratindakan sebesar 66,2, siklus I sebesar 76,9, dan siklus II sebesar 81,3. Sedangkan jumlah siswa yang berhasil mencapai nilai KKM pada pratindakan sebesar 27\%, siklus I sebesar 57\%, dan siklus II sebesar 83\%. Kata Kunci: kemampuan membaca pemahaman, strategi pembelajaran DRTA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/80032/} }