eprintid: 80003 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/00/03 datestamp: 2024-01-11 08:30:15 lastmod: 2024-01-11 08:30:15 status_changed: 2024-01-11 08:30:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nisa, Vera Zahrotun title: PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGKOBAR BANJARNEGARA ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pendidikan_ips subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Karangkobar, Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian mengacu pada Kemmis and Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Karangkobar yang berjumlah 16 peserta didik, dengan 7 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan yaitu yang ditentukan adalah 75% dari jumlah peserta didik kelas V memperoleh skor minat belajar dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar IPS dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Karangkobar, Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Karangkobar, Banjarnegara pada siklus I dan siklus II. Hal ini dibuktikan melalui hasil penelitian minat belajar peserta didik pada siklus I yaitu 73,20% dengan kategori sedang, kemudian dengan adanya perbaikan pada siklus II, minat belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 85,78%. Minat belajar peserta didik pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu ≥75% dari jumlah peserta didik mendapatkan kategori tinggi. Kata kunci: Minat Belajar, Teams Games Tournament (TGT), IPS date: 2024-01-11 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Nisa, Vera Zahrotun (2024) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS V SD NEGERI 2 KARANGKOBAR BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/80003/1/SKRIPSI%20VERA%20ZAHROTUN%20NISA%2019108244082.pdf