@phdthesis{UNY79998,
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
          author = {ERNISA OKTAVIANI},
           month = {January},
           title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA
PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG GABUNGAN
MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KAWAT
BANGUN RUANG DI KELAS VI SD N BACIRO},
            year = {2024},
        abstract = {Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar matematika pada
materi bangun ruang gabungan di kelas VI SD N Baciro. Selain itu, penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bangun ruang gabungan
dengan menggunakan media pembelajaran kawat bangun ruang pada siswa kelas
VI SD N Baciro, Kec. Gondokusuan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi
perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas VI di SD N Baciro yang berjumlah 29 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data
dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah ?75\% dari
jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran kawat
bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
matematika materi bangun ruang gabungan. Hal tersebut ditunjukkan dengan
meningkatnya rata-rata pra tindakan 57,75, siklus I adalah 64,04 dan siklus II
sebesar 77,34, sedangkan untuk ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 24,13\%,
kemudian meningkat 27,59\% pada siklus I menjadi 51,72\% dan pada siklus II
meningkat 31,03\% menjadi 82,75\%. Aktivitas siswa ketika pembelajaran
meningkat 16,25\% dari siklus I sebesar 65\% meningkat menjadi 81,25\% pada
siklus II.
Kata Kunci : Hasil belajar kognitif, kawat bangun ruang, bangun ruang gabungan},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/79998/}
}