eprintid: 79990 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/99/90 datestamp: 2024-01-11 02:18:55 lastmod: 2024-01-11 02:18:55 status_changed: 2024-01-11 02:18:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Parma, Wolly Dwi creators_name: Arifin, Zainal title: Implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri di Kota Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: : Kurikulum Merdeka, pembelajaran, penilaian, perencanaan, proses abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perencanaan pembelajaran, (2) proses pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar pada program keahlian teknik otomotif sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari guru dan siswa dan sampelnya adalah delapan guru mata pelajaran produktif yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka dari perencanaan sampai dengan penilaian pembelajaran Kurikulum Merdekapada pada program keahlian teknik otomotif SMK negeri di Kota Yogyakarta.Variabel penelitian ini adalah implementasi pembelajaran pada KurikulumMerdeka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner serta melalui observasi dan wawancara. Uji validitas menggunakan validitas isi.Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka pada program keahlian teknik otomotifSMK negeri di Kota Yogyakarta sudah dilaksanakan oleh guru dengan baiksesuai dengan ketentuan pada Kurikulum Merdeka dan di dalamnya terdapatcapaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan modul ajar sesuaidengan format pada Kurikulum Merdeka. (2) Implementasi pelaksanaanpembelajaran mengedepankan konsep “Merdeka” dimana materipembelajaran tidak berfokus pada satu sumber belajar.; (3) Penilaianpembelajaran mencakup penilaian formatif dan sumatif. Guru dan siswa sudah memahami dan melaksanakan penilaian baik formatif maupun sumatif. date: 2023-11-15 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: Achmad, G. H. (2021). Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam. YASIN : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 257-258. Agus Arifandi, M. E. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal pendidikan dan kajian aswaja, 12-13. Agus Sutarna, d. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi. Banyumas: Pena Persada. Ahmad Dhomiri, J. M. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 119. Akhmad Hapis Ansari, A. M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 38. Amalia Dwi Pertiwi, S. A. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8839. Aprida Pane, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 337. Asrul, A. H. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing. Cut Rita Zahara, A. F. (2020). Minda Guru Indonesia: Guru Dan Pembelajaran Inovatif Di Masa Pandemi COVID-19. Jambi: Syiah Kuala University Press. Fadriati. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi. Farradila Intan Sari, D. S. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 147-148. Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hanif Naufal, I. I. (2020). Penelitian Persiapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, 142. Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran. Bantul: Mata Kata Inspirasi. I Komang Wahyu Wiguna, M. A. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 17-26. Irma Agustiana, G. H. (2021). Peranan Kurikulum dan Hubungannya dengan Pengembangan Pendidikan pada Lembaga Pendidikan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 26-28. 153 Jamilatun Nafi'ah, D. J. (2022). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2-3. Krisma Natalia, N. S. (2022). Pendekatan Konsep Merdeka Belajar dalam Pendidikan Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya, 22-34. M. Rofiul Basir, S. S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi: Jurna Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 132. Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nadhiroh, d. (2020). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Jakarta: UNJ Press. Neolaka, A. (2019). Isu-Isu Kritis Pendidikan. Jakarta: Prenada Media. Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar , 168-169. Nurwandani, P. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi. Jakarta: Dirjen Kemendikbud. Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 46. Rusdi, R. (2017). Kurikulum: Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Inovasi, dan Riset. Bandung: Alfabeta. Rusdiana. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia. Setia Susanti, R. Y. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Profil Siswa Sebagai Pelajar Pancasila di SMPN 1 Kota Serang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 398. Soetyono Iskandar, M. S. (2018). Filsafat pendidikan vokasi. Yogyakarta: Deepublish. Sri Ayu Tiwikrama, M. N. (2021). Merdeka Belajar Dari Rumah: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lokalitas Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 38. Sudin, A. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: UPI Press. Sudira, P. (2015). Filosofi dan Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, P. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI. Yogyakarta: UNY Press. Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 154 Sukiman. (2015). Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen Kurikulum dalam Sistem Pembelajaran. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 64-68. Suryadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suyitno. (2020). Pendidikan Vokasi dan Kejuruan Strategi dan Revitalisasi Abad 21. Yogyakarta: K-Media. Syaiful Bahri, A. Z. (2015). Strategi Belajar Mengajar. jakarta: Rineka Cipta. Syaiful Mujab, A. T. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMK Al Huda Kedungwungu Indramayu). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1539. Wardana, A. D. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center. Widia Indah Rahayu, M. N. (2022). Komponen dam Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 9058-9059. Widyastono, H. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara. citation: Parma, Wolly Dwi and Arifin, Zainal (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79990/1/tesis-wolly%20dwi%20parma-22702251003.pdf