%0 Thesis %9 S2 %A Parma, Wolly Dwi %A Arifin, Zainal %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2023 %F UNY:79990 %I Sekolah Pascasarjana %K : Kurikulum Merdeka, pembelajaran, penilaian, perencanaan, proses %T Implementasi Kurikulum Merdeka pada Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri di Kota Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/79990/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perencanaan pembelajaran, (2) proses pembelajaran, dan (3) penilaian pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar pada program keahlian teknik otomotif sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari guru dan siswa dan sampelnya adalah delapan guru mata pelajaran produktif yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka dari perencanaan sampai dengan penilaian pembelajaran Kurikulum Merdekapada pada program keahlian teknik otomotif SMK negeri di Kota Yogyakarta.Variabel penelitian ini adalah implementasi pembelajaran pada KurikulumMerdeka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner serta melalui observasi dan wawancara. Uji validitas menggunakan validitas isi.Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka pada program keahlian teknik otomotifSMK negeri di Kota Yogyakarta sudah dilaksanakan oleh guru dengan baiksesuai dengan ketentuan pada Kurikulum Merdeka dan di dalamnya terdapatcapaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan modul ajar sesuaidengan format pada Kurikulum Merdeka. (2) Implementasi pelaksanaanpembelajaran mengedepankan konsep “Merdeka” dimana materipembelajaran tidak berfokus pada satu sumber belajar.; (3) Penilaianpembelajaran mencakup penilaian formatif dan sumatif. Guru dan siswa sudah memahami dan melaksanakan penilaian baik formatif maupun sumatif.