%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012 %T Pengaruh Celebrity Endorser dalam Iklan terhadap Sikap Konsumen (Studi Kasus pada Iklan Olay) %K Celebrity Endorser, Daya Tarik (Attractiveness), Kepercayaan (Trustworthiness), Keahlian (Expertise), dan Sikap Konsumen %A Wulan Rara %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh dimensi daya tarik (attractiveness) terhadap sikap konsumen, (2) pengaruh dimensi kepercayaan (trustworthiness) terhadap sikap konsumen, (3) pengaruh dimensi keahlian (expertise) terhadap sikap konsumen, dan (4) pengaruh celebrity endorser terhadap sikap konsumen. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi survey, yang bertujuan untuk survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) dimensi daya tarik (attractiveness) memiliki pengaruh positif terhadap sikap konsumen, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,451, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,767>1,984), dan signifikansi 0,007; (2) dimensi kepercayaan (trustworthiness) memiliki pengaruh positif terhadap sikap konsumen, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,407; nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,892>1,984), dan signifikansi 0,005; (3) dimensi keahlian (expertise) memiliki pengaruh positif terhadap sikap konsumen, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 1,037; nilai t hitung lebih besar t tabel (6,240>1,984), dan signifikansi 0,000; dan (4) celebrity endorser berpengaruh terhadap sikap konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (62,919 > 2,70) dengan signifikansi sebesar 0,000 Kata kunci: Celebrity Endorser, Daya Tarik (Attractiveness), Kepercayaan (Trustworthiness), Keahlian (Expertise), dan Sikap Konsumen %L UNY7999