eprintid: 79986 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/99/86 datestamp: 2024-01-10 08:10:03 lastmod: 2024-01-10 08:10:03 status_changed: 2024-01-10 08:10:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuralfiah, Andi creators_name: Widihastuti, Widihastuti title: elevansi Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Tata Busana UNY dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Industri Garmen. ispublished: pub subjects: D3 subjects: teknik_boga_busana divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: industri garmen, kompetensi, mahasiswa, relevansi, tata busana. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) kompetensi yang dimiliki mahasiswa pendidikan tata busana UNY di bidang industri garmen, (2) kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja di industri garmen, dan (3) relevansi kompetensi mahasiswa pendidikan tata busana UNY dengan kebutuhan dunia kerja di industri garmen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta dan industri garmen tingkat menengah ke atas yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui dokumentasi. Validasi instrumen didasarkan pada validasi isi yang dilakukan oleh expert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) terdapat 152 butir kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan tata busana UNY di bidang industri garmen; (2) terdapat 193 butir kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja di industri garmen; dan (3) kompetensi mahasiswa pendidikan tata busana UNY dan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja di industri garmen bidang keahlian fashion designer sangat relevan (100%), supervisor sangat relevan (100%), manager produksi sangat relevan (88,89%), ahli pola sangat relevan (100%), merchandiser sangat relevan (100%), warehouse manager relevan (71,43%), quality controler sangat relevan (100%), development manager sangat relevan (89,96%), PPIC manager relevan (78,26%), industrial engineering manager cukup relevan (41,18%), dan purchasing manager kurang relevan (20%). Tingkat relevansi secara keseluruhan bidang keahlian sebesar 78,76% dan masuk dalam kategori relevan. date: 2023-11-09 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: A. M. Mandagi, F. (2018). Relevansi Kompetensi Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kompetensi Dunia Usaha/Dunia Industri. Universitas Negeri Yogyakarta. Abdullaha, M., & Osman, K. (2010). Scientific inventive thinking skills among primary students in Brunei. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7, 294–301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.041 Ahmad Tauhid, R., Suryadi, D., & Parmono. (2022). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti dengan Kompetensi yang diperlukan di Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 29–44. https://www.merdeka.com Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo. Anoraga, P. (2006). Psikologi kerja. Ke-4, Jakarta: PT. Rieneka Cipta. Armstrong, H. J. (2011). Patternmaking for fashion design. Pearson Higher Ed. Ayu Ramadany, M. (2018). Manfaat Hasil Belajar Pemilihan Mesin Garmen Sebagai Kesiapan Menjadi Supervisor Sewing di Industri Garmen [Universitas Pendidikan Indonesia]. Dalam repository.upi.edu. http://repository.upi.edu/34584/4/S_PKK_1300691_Chapter1.pdf Billet, S. (2011). Vocational Education: Purposes. Traditions and Prospects (New York). Boreham, N. (2011). Competence as collective process. Dalam Vocational learning (hlm. 77–91). Springer. Bukit, M. (2014). Strategi dan inovasi pendidikan kejuruan [Vocational education strategies and innovations]. Bandung: Alfabeta. 259 Craik, J. (2005). Uniforms exposed: From conformity to transgression. Berg Publishers. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, (2012). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, R. dan T. (2021). Statistik Pendidikan Tinggi 2021 (Final). Dalam Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Vol. Ke-6 (hlm. xv). Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Faerm, S. (2010). Fashion design course. Thames & Hudson, Великобритания. Fattah, N. (2009). Landasan manajemen pendidikan. Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1979). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content, and Implementation. Boston: Allyn and Bacom. Inc. FW Pospos, A. F. (2022). analisis relevansi kompetensi lulusan perbankan syariah FEBI IAIN Langsa terhadap kebutuhan dunia kerja. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). Gardner, J. (2009). Literature review: vocational education and training. Education international publication. Gereffi, G. (1994). The organization of buyer-driven global commodity chains: How US retailers shape overseas production networks. Commodity chains and global capitalism, 95–122. Granger, M. M. (2015). The fashion industry and its careers: An introduction. Bloomsbury Publishing USA. Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press. Hadam, S., Rahayu, N., & Ariyadi, A. N. (2017). Strategi implementasi revitalisasi SMK (10 langkah revitalisasi SMK)(M. Bakrun, M. Soleh, N. Widyani, SP Lestari, C. Widjajanti, AL Razik, Widarto & I. Ismara Eds. Direktorat 260 Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hamalik, O. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Harahap, M. (2020a). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Islam Febi Uinsu Medan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Harahap, M. (2020b). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi dengan Dunia Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Islam FEBI UINSU Medan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hirschi, A., & Läge, D. (2007). Holland’s secondary constructs of vocational interests and career choice readiness of secondary students: Measures for related but different constructs. Journal of individual differences, 28(4), 205. Holland, G., & Jones, R. (2017). Fashion trend forecasting. Laurence King. Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, D. (2016). Kompetensi Pedagogik Teori Belajar. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. No.47, Berita Negara Republik Indonesia (2020). www.peraturan.go.id Kuswana, W. S. (2013). Dasar-dasar pendidikan vokasi dan kejuruan. Bandung: Alfabeta. Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28– 43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18 Lasonen, J. (2009). European action programmes for Lifelong Learning. Dalam International Handbook of Education for the Changing World of Work (hlm. 583–595). Springer. 261 Maghfiroh, L. (2023). Analisis Kompetensi Lulusan Keahlian Tata Busana SMK NU 01 Kendal. Dalam Agustus (Vol. 12, Nomor 2). Mason, G., Williams, G., & Cranmer, S. (2009). Employability skills initiatives in higher education: what effects do they have on graduate labour market outcomes? Education Economics, 17(1), 1–30. SKKNI Nomor 177, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (2020). Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2020 Tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Industri Garmen, Menteri Perindustrian RI (2020). Milaningrum, E., & Rahmawaty, P. (2021). Relevansi Kompetensi Lulusan Politeknik Negeri Balikpapan terhadap Model Kompetensi Utama Dudi (Dunia Usaha dan Dunia Industri). JSHP, 5(1). Muhtadi, A. S. (2012). Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan, dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Mulyasa, E. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi : konsep, karakteristik, implementasi, dan inovasi (ke-3). Rosdakarya. Muyasaroh, H. B., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan locus of control terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Negeri 1 Surakarta. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1). Norton, R. E. (1997). DACUM Handbook. Leadership Training Series No. 67. P21 Partnership for 21st Century Skills (P21). (2011). A Guide to Aligning the Common Core State Standards with the Framework for 21st Century Skills P21 Common Core Toolkit. Permatasari, L. D., & Hermani, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan CV. Indonesia Live Garment Bidang Produksi Bagian Sewing, Kabupaten Sragen. 262 Prahastuti, E., Kusumawardani, H., Astuti, A. D., & Pradani, R. Y. (2017). Pemetaan Jenis Pekerjaan Produksi Pada Industri Busana Mitra Praktik Industri Mahasiswa Program Studi Tata Busana. Prasetyani, H. (2019). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Multimedia terhadap Kebutuhan Dunia Industri. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, 1(1). https://doi.org/10.31331/jsitee.v1i1.kodeartikel Priyanto, S., Dudung, A., & Hamzah, R. (2019). Relevansi Kompetensi Mahasiswa Lulusan Diploma III Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta Dengan Dunia Kerja. 7(1). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/indexterakreditasiPeringka t4 Prosser, C. A., & Allen, C. R. (1925). Vocational education in a democracy. Century Company. Purwaningsih, & Endah, N. (2017). Studi tentang relevansi kompetensi lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan industri busana di Malang Raya / Nur Endah Purwaningsih. Universitas Negeri Malang. Radyanto, M. R. (2018). Modul 1-Peningkatan Produktivitas Undustri Garmen. https://www.researchgate.net/publication/332493730 Reitz, J. M. (2004). Dictionary for library and information science. Libraries Unlimited. Robinson, N. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Kewirausahaan, dan Kemampuan Manajerial terhadap Implementasi Strategi Bisnis serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan Industri Garmen Jawa Barat. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 1–13. Sadjad, R. S., IX, Y. B. K. K. W., & Wilayah, S. Y. B. K. A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi Untuk Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggulan. Makassar: Pustaka Kayutangan. 263 Saifuddin, A. (2015). Reabilitas dan validitas. Yogyakarta: pustaka pelajar. Sarkar, P. (2015). Garment Manufacturing: Processes, Practices and Technology. Online Clothing Study. Sastrohadiwiryo, S., & Syuhada, A. H. (2021). Manajemen tenaga kerja Indonesia. Bumi aksara. Sawitri, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 : Big Data Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. Stevenson, J. (2020). Developing vocational expertise: principles and issues in vocational education. Routledge. Sudira, P. (2012). Filosofi & Teori Pendidikan Vokasi dan Kejuruan (Philosophy and Theory of Vocational Education). Yogyakarta, Indonesia: UNY Press. Sudira, P. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI Inovasi, Teori, dan Praksis (B. Lastariwati, Ed.; 1 ed., Vol. 1). UNY Press. Suhdi, S., & Wardhani, R. (2009). Indonesian Stock Exchange in Period. https://www.researchgate.net/publication/342232438 Sunarso, A., & Harits, B. (2020). Tracing Study Relevansi Kompetensi Output dengan Tuntutan Kerja dan Kebutuhan Pasar Kerja. Edukasi, 14(2), 136–144. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i2.27471 Sutrisno, Y. T. A., Rohendi, D., & Permana, T. (2018). Kompetensi Mahasiswa Teknik Mesin Diploma 3 dan Relevansi dengan Dunia Kerja. Dalam Journal of Mechanical Engineering Education (Vol. 5, Nomor 1). Syamsidar. (2017). Studi Keterserapan Alumni dalam Dunia Kerja pada Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2008 dan 2009 [Skripsi]. UIN Alauddi Makassar. Tilaar, H. A. R. (1991). Sistem pendidikan yang modern bagi pembangunan masyarakat industri modern berdasarkan Pancasila. Makalah pada KIPNAS V September. 264 Tim Penjaminan Mutu FT-UNY. (2022). Tracer Study Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Ulgari, S. (2018). Relevansi Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan Program Keahlian Teknik Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri Otomotif di Kota Medan. Universitas Negeri Yogyakarta. UU Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi, Pub. L. No. 12 (2012). Wagiran, W. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: Teori dan implementasi. Yogyakarta: Budi Utama. Wahyudin, D., Barlian, U. C., & Handayani, S. (2022). Manajemen Penyelarasan Kurikulum Kursus dan Pelatihan Operator Mesin Jahit Industri Garmen dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dress Making Kota Cimahi dan LKP Karya Mandiri Kabupaten Bandung. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1059–1068. Warnandes, S., Lilik Hariyanto, V., & Pratama, G. N. I. P. (2022). Relevansi Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri Jasa Konstruksi Bidang Perencana. JPTS, 1, 149–158. Wibawa, B. (2005). Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Surabaya: Kertajaya Duta Media, Surabaya. Widiastuti, E. H., Marliyah, L., & Sayekti, S. (2021). Peran serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam Menyiapkan Tenaga Terampil di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Manggali, 1(2), 126. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1690 Zhafira Rafiunnisa’, A., & Hidayanti, L. (2020). Tingkat Kepuasan DU/DI terhadap Kompetensi Siswa Tata Busana Pasca Program Teaching Factory di SMKN Kediri [E-Journal Volume 09 Nomor 3 Tahun 2020, Universitas 265 Negeri Surabaya]. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata- busana/article/view/36408/33552 Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C:Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. https://www.researchgate.net/publication/332469989 citation: Nuralfiah, Andi and Widihastuti, Widihastuti (2023) elevansi Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Tata Busana UNY dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Industri Garmen. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79986/1/tesis-andi%20nuralfiah-21702251056.pdf