eprintid: 79983
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/07/99/83
datestamp: 2024-12-27 01:32:31
lastmod: 2024-12-27 01:32:31
status_changed: 2024-12-27 01:32:31
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Fitriawati, Desy
title: PENGARUH METODE REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH DI GUNUNGKIDUL
ispublished: pub
subjects: pendidikan_ips
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh signifikan metode reward terhadap pembelajaran IPS siswa kelas 5 SD Muhammadiyah di Gunungkidul (2) perbedaan penggunaan metode reward dengan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD Muhammadiyah di Gunungkidul.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental (quasi eksperimen) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Sukorejo dan SD Muhammadiyah Widoro di Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Sukorejo dan SD Muhammadiyah Widoro, kemudian diambil sampel 15 siswa pada setiap sekolah menggunakan teknik random sampling karena memiliki karakteristik yang sama yaitu berakreditasi A. Instrumen penelitian berupa soal pretest-posttest divalidasi melalui expert judment oleh dosen pembimbing. Data pretest-posttest diolah dengan IBM SPSS versi 26 menggunakan teknik analisis data Uji Mean, Uji N-Gain, dan Uji T.
Hasil rata-rata posttest kelompok eksperimen 78,62 (cukup) sedangkan kelompok kontrol 61,54 (kurang). Hasil perhitungan nilai N-Gain kelompok eksperimen adalah 64% (cukup efektif), sedangkan kelompok kontrol sebesar 28% (tidak efektif). Hasil uji paired t-test didapatkan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan berdasarkan hasil uji independent t-tes didapatkan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada metode reward terhadap pembelajaran IPS siswa dan perbedaan penggunaan metode reward dengan metode ceramah terhadap hasil belajar IPS siswa.

Kata Kunci : hasil belajar IPS, kuantitatif eksperimen, metode reward
date: 2024-12-27
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Fitriawati, Desy  (2024) PENGARUH METODE REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH DI GUNUNGKIDUL.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/79983/1/DESY%20FITRIAWATI_20108241075.pdf