eprintid: 79982 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/07/99/82 datestamp: 2024-01-10 07:42:03 lastmod: 2024-01-10 07:42:03 status_changed: 2024-01-10 07:42:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mahmut, Abdul Karim creators_name: Sudira, Putu title: Korelasi Kompetensi Technology, Andragogy, Work and Content Knowledge (TAWACK) dan Technology Integration Self-Efficacy (TISE) Guru Berdasarkan Faktor Jenis Kelamin, Usia, Lama Bekerja, dan Status Pekerjaan dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Virtual di SMK Negeri I Luwu Utara. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: jenis kelamin, lama bekerja, status pekerjaan, TAWACK, TISE, usia abstract: Penelitian ini bertujuan mengungkapkan (1) kompetensi TAWACK dan kompetensi TISE guru, (2) korelasi kompetensi TAWACK dan kompetensi TISE guru, dan 3) faktor dominan yang membentuk kompetensi TAWACK dan kompetensi TISE guru dalam mengimplementasikan pembelajaran virtual di SMK Negeri 1 Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, berdasarkan jenis kelamin, usia, lama bekerja, dan status pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru aktif di SMK Negeri 1 Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan yang berjumlah 100 orang, 57 perempuan, 43 laki-laki; 38 PNS, 62 honorer) Pengumpulan data menggunakan teknik survei dengan kuesioner. Analisis data menggunakan teknik non-parametrik dengan uji Spearman-Rank untuk mengukur korelasi antarvariabel. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Berdasarkan jenis kelamin kompetensi TAWACK guru laki-laki lebih unggul daripada guru perempuan. Sebaliknya, kompetensi TISE guru perempuan lebih unggul daripada guru laki-laki. Berdasarkan usia, kompetensi TAWACK maupun kompetensi TISE guru yang berusia 35 tahun ke bawah lebih unggul daripada guru yang berusia di atas 35 tahun. Berdasarkan status pekerjaan, kompetensi TAWACK maupun kompetensi TISE guru berstatus honorer lebih unggul daripada guru yang berstatus PNS. Berdasarkan lama bekerja, kompetensi TAWACK maupun kompetensi TISE guru yang telah bekerja 10 tahun ke bawah lebih unggul daripada guru yang bekerja lebih dari sepuluh tahun. Hasil uji korelasi membuktikan bahwa berdasarkan jenis kelamin kompetensi TAWACK guru laki-laki maupun guru perempuan berkorelasi positif dan signifikan terhadap kompetensi TISE. Berdasarkan usia, kompetensi TAWACK dan kompetensi TISE berkorelasi positif dan signifikan baik pada guru yang berusia 35 tahun ke bawah maupun di atas 35 tahun. Berdasarkan status pekerjaan, tidak ada korelasi antara kompetensi TAWACK dankompetensi TISE guru PNS. Sedangkan untuk guru honorer, kompetensi TAWACK guru berkorelasi positif dan signifikan dengan kompetensi TISE guru dalam menerapkan pembelajaran virtual. Berdasarkan lama bekerja, kompetensi TAWACK guru dengan lama kerja kurang atau lebih dari 1 sama-sama berkorelasi positif dan signifikan dengan kompetensi TISE. Faktor yang paling dominan membentuk kompetensi TAWACK dan kompetensi TISE guru dalam mengimplementasikan pembelajaran virtual secara berurutan yaitu faktor lama bekerja dibawah 10 tahun, diikuti faktor jenis kelamin guru laki-laki, faktor usia guru yang berusia 35 tahun kebawah, faktor jenis kelamin guru perempuan, faktor status pekerjaan guru yang berstatus honorer, faktor usia guru yang berusia 35 tahun ke atas, faktor lama bekerja guru yang telah bekerja 10 tahun ke atas dan yang terakhir adalah faktor status pekerjaan guru yang berstatus PNS. date: 2023-10-30 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis referencetext: Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal inovasi pendidikan IPA, 2(2), 202–212. Agonács, N., & Matos, J. F. (2019). Heutagogy and self-determined learning: a review of the published literature on the application and implementation of the theory. Open Learning: The Journal of Open, Distance and e-Learning, 34(3), 223–240. Ambarita, P. R. L., & Hanafi, A. (2021). The Influence of Self-Efficacy and Work Environment on Employee Performance: Empirical Study on PT Sarana Indoguna Lestari Surabaya. Open Journal of Business and Management, 10(1), 263–280. Anwar, S., Salsabila, I., Sofyan, R., & Amna, Z. (2019). Laki-Laki Atau Perempuan, Siapa Yang Lebih Cerdas Dalam Proses Belajar? Sebuah Bukti Dari Pendekatan Analisis Survival. Jurnal Psikologi, 18(2), 281. Ariani, D. N. (2015). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dengan Technology Integration Self Efficacy Guru Matematika di Sekolah Dasar. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 79–91. Arifin, Z., Nurtanto, M., Kholifah, N., Nurhaji, S., & Warju, W. (2020). The technology andragogy work content knowledge model framework on technical and vocational education and training. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 442–448. Arifin, Z., Nurtanto, M., Priatna, A., Kholifah, N., & Fawaid, M. (2020). Technology Andragogy Work Content Knowledge Model as a New Framework in Vocational Education: Revised Technology Pedagogy Content Knowledge Model. Online Submission, 9(2), 786–791. Azeem, N., & Omar, M. K. (2019). Students ‘interests in technical and vocational education and training (TVET) program: A systematic review. In International conference on educational research and practice (hal. 158–165). Bahorski, J. S., Childs, G. D., Loan, L. A., Azuero, A., Morrison, S. A., Chandler- Laney, P. C., ... Rice, M. H. (2019). Self-efficacy, infant feeding practices, and infant weight gain: An integrative review. Journal of Child Health Care, 23(2), 286–310. Bandalaria, M. P. (2003). Shifting to online tutorial support system: A synthesis of experience. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 4(1), 32–41. 226 Bandura, A., Freeman, W. H., & Lightsey, R. (1999). Self-efficacy: The exercise of control. Springer. Beer, P., & Mulder, R. H. (2020). The effects of technological developments on work and their implications for continuous vocational education and training: A systematic review. Frontiers in Psychology, 11, 918. Blaschke, L. M. (2019). The pedagogy–andragogy–heutagogy continuum and technology-supported personal learning environments. Open and distance education theory revisited: Implications for the digital era, 75–84. Chai, C. S., Koh, J. H. L., & Tsai, C.-C. (2010). Facilitating preservice teachers’ development of technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK). Journal of Educational Technology & Society, 13(4), 63–73. Crompton, H. (2013). A historical overview of m-learning: Toward learner- centered education. In Handbook of mobile learning (hal. 3–14). Routledge. Cuthell, J. P. (2017). Virtual learning. Routledge. Damit, M. A. A., Omar, M. K., & Puad, M. H. M. (2021). Issues and challenges of outcome-based education (OBE) implementation among Malaysian vocational college teachers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(3), 197–211. De Roza, J. G., Fong, M. K., Ang, B. L., Sadon, R. B., Koh, E. Y. L., & Teo, S. S. H. (2019). Exclusive breastfeeding, breastfeeding self-efficacy and perception of milk supply among mothers in Singapore: A longitudinal study. Midwifery, 79, 102532. Depdiknas, D. T. K. (2004). Standar Kompetensi Guru. Depdiknas. Djojonegoro, W. (1999). Pendidikan Kejuruan. Balai Pustaka. Jakarta. Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: CV. Alfabeta. EL-Daou, B. M. N. (2016). The Effect of Using Computer Skills on Teachers’ Perceived Self-Efficacy Beliefs towards Technology Integration, Attitudes and Performance. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 8(2), 106–118. Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of research on Technology in Education, 42(3), 255–284. Farah, C. A. (2011). Factors Influencing Teachers’ Technology Self-Efficacy. Lynchburg, VA: Liberty University. 227 Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara. Freud, S. (2004). Freud Dictionary of Psychoanalysis. Barnes & Noble Publishing. Guenther, J. (2011). Vocational learning in the frame of a developing identity. Vocational Learning: Innovative Theory and Practice, 205–216. Gunastri, N. M. (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi. In Forum Manajemen (Vol. 11, hal. 80–89). Haka, N. B., Yohana, R., & Puspita, L. (2020). Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Menyusun Perangkat Evaluasi Pembelajaran. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 73–88. Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen kompetensi guru dalam meningkatkan daya saing. Journal of Management in Education, 2(1), 10–19. Heggart, K., & Yoo, J. (2018). Getting the most from Google Classroom: A pedagogical framework for tertiary educators. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 140–153. Herlina, E. (2013). Efektivitas Pengelolaan Praktek Kerja Industri dalam Rangka Penyelenggaraan Program Pendidikan Sistem Ganda: Studi Kasus tentang Pengelolaan Prakerin di SMK Negeri 1 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Herrington, J., Reeves, T. C., & Oliver, R. (2006). A model of authentic activities for online learning. In Interactions in online education (hal. 91–103). Routledge. Janssen, C. P., Gould, S. J. J., Li, S. Y. W., Brumby, D. P., & Cox, A. L. (2015). Integrating knowledge of multitasking and interruptions across different perspectives and research methods. International Journal of Human- Computer Studies. Elsevier. Jerram, C. (2006). Applying adult education principles to an undergraduate subject. In Authentic learning environments in higher education (hal. 107–119). IGI Global. Kent, A. M., & Giles, R. M. (2017). Preservice Teachers’ Technology Self- Efficacy. SRATE Journal, 26(1), 9–20. Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 243–262. Khodijah, N. (2014). Psikologi pendidikan. Knowles, M. S. (1972). Andragogy. NETCHE. 228 Koh, J. H. L., Chai, C. S., & Tsai, C.-C. (2010). Examining the technological pedagogical content knowledge of Singapore pre‐service teachers with a large‐ scale survey. Journal of Computer Assisted Learning, 26(6), 563–573. Kumbadewi, L. S., Suwendra, I. W., & Susila, G. P. A. J. (2021). Pengaruh umur, pengalaman kerja, upah, teknologi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 9(1), 1–9. Kwon, K., Ottenbreit-Leftwich, A. T., Sari, A. R., Khlaif, Z., Zhu, M., Nadir, H., & Gok, F. (2019). Teachers’ self-efficacy matters: Exploring the integration of mobile computing device in middle schools. TechTrends, 63, 682–692. Lailiyah, M., & Cahyono, B. Y. (2017). Indonesian EFL teachers’ self-efficacy towards technology integration (SETI) and their use of technology in EFL teaching. Studies in English Language Teaching, 5(2), 344–357. Lemon, N., & Garvis, S. (2016). Pre-service teacher self-efficacy in digital technology. Teachers and Teaching, 22(3), 387–408. Li, Y., Chen, S.-K., Li, L., Qin, L., Wang, X.-L., & Lai, Y.-X. (2015). Bone defect animal models for testing efficacy of bone substitute biomaterials. Journal of orthopaedic translation, 3(3), 95–104. Mahdiannur, M. A., Erman, E., Martini, M., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). EKSPLORASI PENGETAHUAN GURU IPA SMP TENTANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA: PENGUKURAN BERDASARKAN COMPLEX MULTIPLE- CHOICE SURVEY. JURNAL TARBIYAH, 29(2), 295–310. Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114. McLeod, G. (2003). Learning theory and instructional design. learning matters, 2(3), 35–43. McPherson, M., & Nunes, M. B. (2004). The role of tutors as a integral part of online learning support. European Journal of Open, Distance and E-Learning, 7(1). Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers college record, 108(6), 1017–1054. Molenaar, K., Brown, H., Caile, S., & Smith, R. (2002). Corporate culture. Professional safety, 47(7), 18–27. Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., ... Indrayana, B. (2019). A sequential explanatory investigation of TPACK:: 229 Indonesian science teachers’ survey and perspective. JOTSE, 9(3), 269–281. Neher, A. (1991). Maslow’s theory of motivation: A critique. Journal of humanistic psychology, 31(3), 89–112. Niederhauser, D. S., & Perkmen, S. (2008). Validation of the intrapersonal technology integration scale: Assessing the influence of intrapersonal factors that influence technology integration. Computers in the Schools, 25(1–2), 98– 111. Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta, 193. Palis, A. G., & Quiros, P. A. (2014). Adult learning principles and presentation pearls. Middle East African journal of ophthalmology, 21(2), 114. Paller, A. S., Tom, W. L., Lebwohl, M. G., Blumenthal, R. L., Boguniewicz, M., Call, R. S., ... Simpson, E. L. (2016). Efficacy and safety of crisaborole ointment, a novel, nonsteroidal phosphodiesterase 4 (PDE4) inhibitor for the topical treatment of atopic dermatitis (AD) in children and adults. Journal of the American Academy of Dermatology, 75(3), 494–503. Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2015). Exploring relationships among TPACK components and development of the TPACK instrument. Education and Information Technologies, 20, 241–263. Pannen, P. (2006). DESIGNING WEB-BASED COURSES IN DISTANCE EDUCATION: ARE WE READY? Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(1), 34–42. Pavlova, M. (2009). The vocationalization of secondary education: the relationships between vocational and technology education. International Handbook of Education for the Changing World of Work: Bridging Academic and Vocational Learning, 1805–1821. Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung. Pulungtana, J. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 146–155. Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik 230 SMK di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95–113. Restiana, N. (2018). Evaluasi profil TPACK untuk guru matematika sekolah menengah pertama di Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 167–178. Robbins, M. P., Evans, T. E., & Morris, P. (1996). The effect of plant growth regulators on growth, morphology and condensed tannin accumulation in transformed root cultures of Lotus corniculatus. Plant cell, tissue and organ culture, 44, 219–227. Ruigrok, A. N. V, Salimi-Khorshidi, G., Lai, M.-C., Baron-Cohen, S., Lombardo, M. V, Tait, R. J., & Suckling, J. (2014). A meta-analysis of sex differences in human brain structure. Neuroscience & Biobehavioral Reviews, 39, 34–50. Rushton, J. P., & Ankney, C. D. (2009). Whole brain size and general mental ability: a review. International Journal of Neuroscience, 119(5), 692–732. Saleh, B. (2015). Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Masyarakat di Kawasan Mamminasata. Jurnal Pekommas, 18(3), 151–160. Samini, T. (2019). Computer Based Instruction Model Drill Tingkatkan Hasil Belajar TIK Materi Rumus Dan Fungsi Dalam Microsoft Excel. In Prosiding Seminar Nasional PEP 2019 (Vol. 1). Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) the development and validation of an assessment instrument for preservice teachers. Journal of research on Technology in Education, 42(2), 123–149. Sedarmayanti, S. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit PT. Refika Aditama. Sternberg, R. J., & Kaufman, S. B. (2011). The Cambridge handbook of intelligence. Cambridge University Press. Stevenson, J. (2000). Working knowledge. Journal of vocational education and training, 52(3), 503–519. Stoilescu, D. (2015). A critical examination of the technological pedagogical content knowledge framework: Secondary school mathematics teachers integrating technology. Journal of Educational Computing Research, 52(4), 514–547. Sudarmanto, S. (2015). Merancang Manajemen SDM Berbasis Kompetensi. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 9(1), 1–16. 231 Sudira, P. (2020). Paradigma baru pembelajaran vokasional era revolusi industri 4.0. Yogyakarta: UNY Press. Sudira, Putu. (2015). Pengembangan model “Lis-5c” pada pendidikan teknologi dan kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1). Sudira, Putu. (2016). TVET abad XXI: Filosofi, teori, konsep, dan strategi pembelajaran vokasional. Yogyakarta: UNY. Sukarini, L., & Dewi, P. E. D. M. (2018). Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan, dan penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan BUMDes di Kecamatan Negara. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(3). Sulaiman, E. S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan: Teori dan Implementasi. UGM PRESS. Sutrisno, E., Fatoni, A., & Nawawi, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan tpack (technolgical, pedagogical, and content, knowledge) guru biologi sma dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. Teo, T., & Noyes, J. (2011). An assessment of the influence of perceived enjoyment and attitude on the intention to use technology among pre-service teachers: A structural equation modeling approach. Computers & education, 57(2), 1645– 1653. Tondeur, J., Scherer, R., Baran, E., Siddiq, F., Valtonen, T., & Sointu, E. (2019). Teacher educators as gatekeepers: Preparing the next generation of teachers for technology integration in education. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1189–1209. Tseng, J.-J., Chai, C. S., Tan, L., & Park, M. (2022). A critical review of research on technological pedagogical and content knowledge (TPACK) in language teaching. Computer Assisted Language Learning, 35(4), 948–971. Ulpa, M. (2014). Gender dan Pembelajaran Matematika. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 9(2), 263–272. Unaida, R., & Fakhrah, F. (2022). Studi Evaluasi Kemampuan Tpack (Technologycal, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Biologi Sma/Ma Kecamatan Dewantara. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 9, hal. 77– 83). Ünal, E., Yamaç, A., & Uzun, A. M. (2017). The Effect of the Teaching Practice 232 Course on Pre-Service Elementary Teachers’ Technology Integration Self- Efficacy. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 5(3), 39–53. Uzer Usman, M. (2010). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Wagiran, M., Pardjono, M., Suyanto, W., & Sofyan, H. (2017). Vocational Education Development Framework in 21st Century. In International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017) (hal. 395– 398). Atlantis Press. Wahyuni, F. T., Masduki, P. N., & Kurniawan, G. (2021). Hubungan Technology Integration Self Efficacy (TISE), Kreativitas, dan Entrepreneurial Intention Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 107–120. Wang, L., Ertmer, P. A., & Newby, T. J. (2004). Increasing preservice teachers’ self-efficacy beliefs for technology integration. Journal of research on technology in education, 36(3), 231–250. Wibowo, N. (2016). Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1), 45–59. Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). Zaidi, Z. F. (2010). Gender differences in human brain: a review. The open anatomy journal, 2(1). citation: Mahmut, Abdul Karim and Sudira, Putu (2023) Korelasi Kompetensi Technology, Andragogy, Work and Content Knowledge (TAWACK) dan Technology Integration Self-Efficacy (TISE) Guru Berdasarkan Faktor Jenis Kelamin, Usia, Lama Bekerja, dan Status Pekerjaan dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Virtual di SMK Negeri I Luwu Utara. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79982/1/tesis-abd.%20karim%20mahmut-21702251052.pdf