TY  - THES
ID  - UNY79975
UR  - http://eprints.uny.ac.id/79975/
M1  - skripsi
Y1  - 2024/12/17/
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
TI  - HUBUNGAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS DALAM MUATAN PELAJARAN IPA SISWA SD KELAS V SE-GUGUS SENDANGREJO KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN
A1  - Setyarini, Ajeng
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi sains dengan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dalam muatan pelajaran IPA siswa kelas V SD se-gugus Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini berjenis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman dengan jumlah 89 siswa. Sampel penelitian ini sejumlah 73 siswa yang dihitung dengan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes literasi sains dan tes HOTS dalam muatan pelajaran IPA berupa soal pilihan ganda. Uji validitas
instrumen menggunakan validitas isi menggunakan teknik expert judgment dan validitas lapangan menggunakan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara literasi sains dan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dalam muatan pelajaran IPA siswa SD kelas V se-Gugus Sendangrejo Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Serta nilai koefisien korelasi sebesar 0,843 yang bernilai positif dan berada pada kategori sangat kuat.

Kata Kunci: Literasi sains, HOTS, IPA
ER  -