%T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis Pendidikan Karakter yang layak dan praktis digunakan pada materi benda tunggal dan benda campuran kelas V SD Negeri Kemukus. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan yaitu analyze (analisis), design (desain), dan develop (pengembangan) yang merujuk pada konsep pengembangan ADDIE (Branch, 2009). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa kelas V SD Negeri Kemukus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Berbasis Pendidikan Karakter dinyatakan “layak” dan “praktis” untuk diujicobakan dalam pembelajaran kelas V Sekolah Dasar. Kelayakan produk diperoleh dari hasil validasi materi dan hasil validasi media. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,13 dengan kategori “layak”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,46 dengan kategori “sangat layak”. Kepraktisan produk diperoleh dari hasil respon siswa dan hasil respon guru. Hasil respon guru mendapatkan skor rata-rata 4,8 dengan kategori “praktis”. Hasil respon siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 96,36% dengan kategori “sangat praktis”. Kata kunci : LKPD, karakter, tematik, zat tunggal dan zat campuran %A Zulfa Nur Arifah %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %L UNY79964 %D 2024