relation: http://eprints.uny.ac.id/79949/ title: PERBEDAAN MINAT BELAJAR ANTARA SISWA SD NEGERI YANG DIDAMPINGI GURU PENGGERAK DAN YANG DIDAMPINGI GURU NON PENGGERAK DI KAPANEWON DEPOK creator: Fitri, Destiana Elsa subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa SD Negeri yang didampingi guru penggerak dan yang didampingi guru non penggerak di Kapanewon Depok. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri di Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman dengan sampel penelitian berjumlah 149 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala minat belajar siswa. Uji validitas instrumen dengan melihat output corrected item-total correlation pada SPSS versi 25 yang menunjukkan sebanyak 28 butir pernyataan valid dan sebanyak 2 butir pernyataan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach sebesar 0,971 sehingga reliabel. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, dan homogenitas. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa SD Negeri yang didampingi guru penggerak dan yang didampingi guru non penggerak di Kapanewon Depok. Hal ini ditunjukan dari hasil uji Independent Sample t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,044. Rata-rata skor minat belajar siswa SD Negeri yang didampingi guru penggerak yaitu 97,45 sedangkan minat belajar siswa SD Negeri yang didampingi guru non penggerak mendapat rata-rata skor sebesar 94,97. Artinya minat belajar siswa yang didampingi guru penggerak lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar siswa SD Negeri yang didampingi guru non penggerak. Kata kunci: minat belajar, guru penggerak date: 2024-01-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/79949/1/Destiana%20Elsa%20Fitri.pdf identifier: Fitri, Destiana Elsa (2024) PERBEDAAN MINAT BELAJAR ANTARA SISWA SD NEGERI YANG DIDAMPINGI GURU PENGGERAK DAN YANG DIDAMPINGI GURU NON PENGGERAK DI KAPANEWON DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.