eprintid: 79944 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/99/44 datestamp: 2024-01-08 09:02:43 lastmod: 2024-01-09 00:57:28 status_changed: 2024-01-08 09:02:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kinasih, Amalia Dwi title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI BERBANTUAN MEDIA MOVABLE ALPHABET SISWA KELAS I SDN GONDOWANGI I MAGELANG ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui metode Montessori berbantuan media movable alphabet, dan (2) meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode Montessori berbantuan media movable alphabet siswa kelas I SDN Gondowangi I Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Gondowangi I berjumlah 16 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gondowangi I meningkat dengan metode Montessori berbantuan media movable alphabet melalui tiga tahap yaitu tahap pengenalan identitas, tahap perbedaan, dan tahap pengulangan. Peningkatan keterampilan membaca permulaan ditunjukkan melalui hasil tes membaca pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,3 dengan rincian 11 siswa tuntas sedangkan 5 siswa belum tuntas. Hasil siklus II menunjukkan tes keterampilan membaca mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 80,6 dengan rincian 14 siswa tuntas dan 2 siswa belum tuntas. Ketuntasan keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus I mencapai persentase 68,75% dan meningkat 18,75% pada siklus II menjadi 87,5%. Kata kunci: membaca permulaan, metode Montessori, media movable alphabet date: 2024-01-08 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Kinasih, Amalia Dwi (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI BERBANTUAN MEDIA MOVABLE ALPHABET SISWA KELAS I SDN GONDOWANGI I MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79944/1/Amalia%20Dwi%20Kinasih.pdf