eprintid: 79938 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/99/38 datestamp: 2024-01-08 08:11:46 lastmod: 2024-01-08 08:11:46 status_changed: 2024-01-08 08:11:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Karlina title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS V SDN PRIGELAN KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO ispublished: pub subjects: E1 subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode bermain peran (role playing) di kelas V SD Negeri Prigelan, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode bermain peran (role playing) pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Prigelan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Suharsimi Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Prigelan yang berjumlah 18 siswa dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ≥85% hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh predikat tuntas, hasil belajar mencapai KKM muatan pembelajaran bahasa Indonesia 70, dan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan mengalami peningkatan, pada siklus I persentase aktivitas sebesar 74% dengan 11% kriteria sangat baik, 33% kriteria baik, 28% kriteria cukup, 11% kriteria kurang, dan 17% kriteria sangat kurang. Sedangkan pada siklus II persentase aktivitas mengalami peningkatan menjadi sebesar 93%, 72% kriteria sangat baik, dan 28% kriteria baik. Hasil belajar siswa menunjukkan siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 46 menjadi 92 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai KKM 70 mengalami peningkatan dari 6% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II. Kata kunci: proses pembelajaran, hasil belajar, metode pembelajaran role playing date: 2024-01-08 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Dewi, Karlina (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS V SDN PRIGELAN KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79938/1/Karlina%20Dewi.pdf