relation: http://eprints.uny.ac.id/79936/ title: PENGEMBANGAN MEDIA LAGA KARTUN (ULAR TANGGA KARAKTER SANTUN) UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN BERBAHASA BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI SENDANGHARJO creator: Nugrahani, Febry subject: Bahasa dan Sastra Indonesia subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Laga Kartun (Ular Tangga Karakter Santun) yang layak digunakan untuk meningkatkan kesantunan berbahasa siswa kelas II SD Negeri Sendangharjo. Pengembangan produk ini dilatarbelakangi belum tersedianya media pembelajaran kesantunan berbahasa bagi siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model penelitian Borg & Gall yang dibatasi pada tujuh langkah. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 12 siswa kelas II SD Negeri Sendangharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Laga Kartun (Ular Tangga Karakter Santun) layak digunakan untuk siswa kelas II sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi tahap pertama 4,53 (sangat layak) dan tahap kedua 4,56 (sangat layak). Hasil validasi ahli media 4,25 (sangat layak). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh presentase 97,22% (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal 4,78 (sangat praktis). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh presentase 98,61% (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan utama 4,85 (sangat praktis). Kata kunci : media, ular tangga, kesantunan berbahasa date: 2024-01-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/79936/1/Febry%20Nugrahani.pdf identifier: Nugrahani, Febry (2024) PENGEMBANGAN MEDIA LAGA KARTUN (ULAR TANGGA KARAKTER SANTUN) UNTUK MENINGKATKAN KESANTUNAN BERBAHASA BAGI SISWA KELAS II SD NEGERI SENDANGHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.