%0 Thesis %9 S1 %A Hasna, Anggita Styanindya %B PGSD %D 2024 %F UNY:79933 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS V SE-GUGUS II KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/79933/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Gugus II Kecamatan Piyungan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 199 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 133 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dan dengan teknik pengambilan sampel probability sampling jenis proportionate sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang diujicobakan kepada 19 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan kompetensi profesional guru. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, dan juga dilakukan uji validitas item dengan membandingkan nilai rhitung dengan nilai rtabel untuk mengetahui butir soal yang gugur. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Lalu melakukan analisis statistik deskriptif, Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, dan uji linearitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri segugus II Kecamatan Piyungan Bantul dengan tingkat hubungan yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05 yang berarti telah signifikan. Serta nilai koefisien korelasi antara kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar sebesar 0,736 bernilai positif dan berada dalam kategori kuat. Kata Kunci: motivasi belajar, kompetensi profesional guru