@phdthesis{UNY79912,
           title = {PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V  SEKOLAH DASAR},
            year = {2024},
          author = {Nur Raisah},
           month = {January},
          school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/79912/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh model cooperative learning tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian quasi eksperimental dengan rancangan pretest post-test nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 105 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster
random sampling. Sampel penelitian sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 kelompok eksperimen dan 26 siswa kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model cooperative learning tipe think pair share, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model direct instruction. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan lembar bservasi. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model cooperative learning tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD Muhammadiyah Bantul Kota.  

Kata Kunci: model cooperative learning tipe think pair share, kemampuan komunikasi matematis, siswa sekolah dasar}
}