eprintid: 79911 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/99/11 datestamp: 2024-01-05 06:54:49 lastmod: 2024-01-05 06:54:49 status_changed: 2024-01-05 06:54:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ridwan, Nahdah Sahya Laksita title: PENINGKATAKAN KARAKTER KERJASAMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SDN 2 KUWARISAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penigkatan karakter kerjasama siswa kelas V SD Negeri 2 Kuwarisan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan MC Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki- laki dan 4 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan tindakan yaitu minimal sebesar 75% dari jumlah siswa yang mendapatkan kategori kerjasama sangat baik dengan menggunakan lima indikator yang digunakan dalam observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan karakter kerjasama siswa pada tiap siklus. Peningkatan karakter kerjasama siswa dapat dilihat melalui hasil observasi, yaitu pada siklus I sebanyak 5 siswa dengan persentase 45% berada dalam kategori sangat baik meningkat pada siklus II sebanyak 9 siswa dengan persentase 82% berada dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan karakter kerjasama siswa sehingga mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditentukan yaitu terdapat ≥75% siswa masuk dalam kategori karakter kerjasama sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk dapat meningkatkan karakter kerjasama siswa kelas V SD Negeri 2 Kuwarisan Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen. Kata Kunci : karakter kerjasama, gallery walk, saintifik date: 2024-01-05 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ridwan, Nahdah Sahya Laksita (2024) PENINGKATAKAN KARAKTER KERJASAMA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SDN 2 KUWARISAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79911/1/Nahdah%20Sahya%20Laksita%20Ridwan.pdf