TY - THES AV - public N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode internal imagery dan eksternal imagery terhadap kecemasan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler renang gaya punggung, (2) perbedaan pengaruh antara keyakinan diri tinggi dan keyakinan diri rendah terhadap kecemasan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler renang gaya punggung dan (3) interaksi antara latihan imagery dan keyakinan diri terhadap kecemasan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler renang gaya punggung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian untuk mengukur tingkat keyakinan diri menggunakan angket keyakinan diri dengan validitas dan reliabilitas (valid berbagai populasi penelitian dan pada budaya yang berbeda dan 0,8) dan kecemasan peserta didik menggunakan angket kecemasan peserta didik dengan validitas dan reliabilitas (0,51 dan 0,92). Penelitian ini dilakukan di Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan total jumlah 40 orang peserta didik dan data di ambil dari 2 sekolah menengah atas (SMA) yang terdiri dari SMAN 7 Kota Bengkulu dan SMAN 2 Kota Bengkulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan ANOVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peserta didik yang diberikan latihan internal imagery dan eksternal imagery terhadap kecemasan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler renang. Kelompok latihan internal imagery memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok latihan eksternal imagery. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara peserta didik yang memiliki keyakinan diri tinggi dan keyakinan diri rendah terhadap kecemasan yang mengikuti ekstrakurikuler renang. Peserta didik yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih baik jika dibandingkan peserta didik yang memiliki kepercayaan diri rendah. Ada interaksi yang signifikan antara latihan metode latihan imagery dan keyakinan diri terhadap kecemasan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler renang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan-pasangan yang memiliki interaksi atau pasangan yang berbeda secara nyata (signifikan) adalah: (1) A1B1-A1B2, (2) A1B2-A1B1, (3) A1B2-A2B1, (4) A1B2-A2B2, (5) A2B1-A1B2, (6) A2B2-A1B2. Bagi para peneliti yang berencana untuk melanjutkan atau mengulangi penelitian ini, disarankan untuk mengimplementasikan kontrol yang lebih ketat pada seluruh proses eksperimen. ID - UNY79888 A1 - Yariansyah, Ridho M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/79888/ TI - Pengaruh Latihan Imagery dan Keyakinan Diri terhadap Kecemasan Peserta Didik Pada Ekstrakurikuler Renang Gaya Punggung di Kota Bengkulu KW - imagery KW - kecemasan KW - keyakinan diri KW - renang PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Y1 - 2023/12/11/ N1 - Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Guntur, M.Pd. ER -