%0 Thesis %9 S2 %A Sandi, Kurnia %A Prof. Dr. Komarudin, M.A., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2023 %F UNY:79886 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K permainan tradisional, bentengan, sembilun, kemampuan motorik kasar %T Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Dan Sembilun Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa SD Negeri 9 Koba %U http://eprints.uny.ac.id/79886/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan permainan tradisional bentengan dan sembilun terhadap meningkatkan kemampuan motorik kasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 9 koba Khususnya di kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental reseach atau eksperimen semu. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik untuk kelompok eksperimen 1 dan 15 peserta didik untuk kelompok eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa non tes kemampuan motorik kasar. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji deksripsi, uji normalitas, uji homogenitass, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan secara keseluruhan permainan tradisional bentengan dan sembilun memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan motorik kasar. Setelah adanya permainan tradisonal bentengan dan sembilun anak-anak menjadi paham bermain dengan permainan tersebut dan tidak disadar oleh anak jika perkembangan motorik kasar juga berkembang serta dibuktikan dengan hasil yang diperoleh dari data penelitian secara keseluruhan dimana adanya pengaruh permainan bentengan dan sembilun dalam perkembangan motorik kasar. Merujuk hasil perhitungan yang dilakukan dengan dalam permainan bentengan diperoleh nilai signifikan 0,008 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga p 0,05 bisa diartikan bahwa hipotesis diterima. Maka ada pengaruh yang ditimbulkan antara setelah dan sebelum menggunakan permainan tradisional bentengan dan sembilun. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Komarudin, M.A.