TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/7986/ ID - UNY7986 A1 - Karyuti, Karyuti TI - PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN IBU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD SE GUGUS II PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA PB - UNIVRSITAS NEGERI YOGYAKARTA KW - tingkat pendidikan ibu KW - kemampuan membaca Y1 - 2012/06/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kecenderungan tingkat pendidikan ibu pada siswa kelas II SD se-gugus II Pengasih, Kulon Progo, (2) pengaruh kemampuan membaca antara siswa dengan ibu yang memiliki tingkat pendidikan pada lulusan SD, SMP, SMA, SARJANA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Sementara pelaksanaan penelitiannya dalam penelitian ini adalah sampel. Populasi penelitian ini adalah 159 siswa. Cara pengambilan ukuran sampel menggunakan rumus Issac dan Michael dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 113 anggota sampel. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Data penelitian dianalisis menggunakan Analysis of Varians (Anova) satu jalur dengan tiga prasyarat yaitu: (1) data berasal dari sampel acak (random), (2) data berdistribusi normal, dan (3) varian antar sampel homogen. Normalitas dihitung menggunakan Chi Kuadrad (X 2 ), sedangkan homogenitas data dihitung menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecenderungan tingkat pendidikan Ibu adalah tergolong berpendidikan rendah, ini ditunjukan sebanyak 46 Ibu atau 40,7% dari responden dengan tingkatan Ibu dengan lulusan SD, (2) terdapat pengaruh pada kemampuan membaca siswa secara signifikan antara siswa dengan ibu yang memiliki tingkat pendidikan pada lulusan SD, SMP, SMA, SARJANA. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan Analysis of Varians (Anova) yang memperoleh Fhitug = 14,960 > Ftabel = 2,70. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa tingkat pendidikan ibu perpengaruh terhadap kemampuan membaca sisiwa kelas II SD se-gugus II Pengasih, Kulon Progo. AV - public M1 - skripsi ER -