%L UNY79848 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas IV SD Dabin 2, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu mencakup seluruh peserta didik kelas IV SD Dabin 2 yang berjumlah 14 SD. Dari populasi tersebut kemudian diambil 2 sampel dengan teknik cluster rundom sampling yaitu kelas IV SD Negeri Tumenggungan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri Ngadimulyo sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal tes yang sudah diuji validitas isi melalui uji coba pada kelas IV SD Negeri Kadipaten dengan hasil korelasi 0,63 dan validitas konstruk oleh ahli dengan kesimpulan valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh hasil ri 0,77 berbantuan program Anates V4. Teknik analisis data dilakukan berbantuan program SPSS for windows 26. Analisis yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata kedua kelas, uji-t, dan uji Ngain. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan skor rata-rata hasil tes. Rata-rata nilai kelas eksperimen pembelajaran menggunakan media pop-up book sebesar 77,94 dengan kategori baik dan perolehan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol sebesar 57.31 dengan kategori cukup. Selain itu, hasil analisis menggunakan independent sample t- test diperoleh sig. (2-tiled) 0,000<0,005 dengan hipotesis %A Dwi Retno Mirunggan %T PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD DABIN 2, SELOMERTO, WONOSOBO %D 2023 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi