TY - THES N2 - Pembelajaran IPA pada hakikatnya terdiri dari IPA sebagai produk, IPA sebagai proses, dan IPA sebagai sikap ilmiah. Proses dalam menghasilkan produk IPA memerlukan keterampilan mengamati, merencanakan, melakukan percobaan, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Pelaksanaan proses tersebut memerlukan suatu konsentrasi yang tinggi. Namun siswa usia Sekolah Dasar masih sulit untuk fokus dan berkonsentrasi. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Tlogorejo dengan menggunakan strategi active learning teknik kuis tim. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V di SD Negeri Tlogorejo berjumlah 7 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Perolehan data konsentrasi belajar siswa dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kemudian hasilnya akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi active learning teknik kuis tim. Skor rata-rata hasil observasi konsentrasi belajar siswa pada siklus I yaitu 11,68 dengan persentase sebesar 58,39%. Pada siklus II menghasilkan skor rata-rata sebesar 14,5 dengan persentase sebesar 72,5%. Persentase tersebut telah mencapai indikator keberhasilan. Oleh karena itu peneliti dan guru sepakat menghentikan penelitian. Kata kunci: Konsentrasi belajar, teknik kuis tim Y1 - 2023/12/21/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Anggraini, Malinda M1 - skripsi ID - UNY79847 TI - PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK KUIS TIM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI TLOGOREJO AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/79847/ ER -