TY - THES Y1 - 2023/12/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Siswa Kelas VI SD N 1 Ringin Larik. Dalam pembelajaran siswa terlihat kurang bersemangat dan terlihat malas-malasan, hal tersebut terjadi dikarenakan guru dalam pembelajaran menggunakan metode tradisional atau dengan cara yang monoton. Guru dalam pembelajaran hanya menyuruh siswa untuk membaca teks bacaan kemudian siswa disuruh menjawab pertanyaan berdasarkan teks tersebut. Sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD N 1 Ringin Larik yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble dapat meningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan proses pembelajaran membaca pemahaman terlihat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa lebih berani mengungkapkan pendapatnya dan kerja kelompok berjalan dengan baik. Penigkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari jumlah siswa yang berhasil mencapai nilai KKM pada pratindakan 36%, akhir siklus I sebesar 64% dan pada akhir siklus II sebesar 82%. Sedangkan nilai rata-rata pada pratindakan adalah sebesar 70,5, akhir siklus I sebesar 80, dan pada akhir siklus II sebesar 82, 7. Kata Kunci: membaca pemahaman, metode pembelajaran scramble, siswa, sekolah dasar PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Mardiana, Sela TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VI SD N 1 RINGIN LARIK AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY79846 UR - http://eprints.uny.ac.id/79846/ ER -