eprintid: 79844 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/98/44 datestamp: 2023-12-21 00:44:14 lastmod: 2023-12-21 00:44:14 status_changed: 2023-12-21 00:44:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zakhwa, Hemi Tri title: PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN, KECAMATAN PENGADEGAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, (2) pengaruh regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, (3) pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 110 orang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 89 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner efikasi diri, regulasi diri, dan motivasi belajar. Uji validitas menggunakan analisis faktor dan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh antara efikasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, dengan nilai α 0,039 < 0,05. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 16,2%. (2) Ada pengaruh antara regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, dengan nilai α 0,00 < 0,05. Sumbangan efektif regulasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 55,1%. (3) ada pengaruh antara efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-Gugus Jendral Soedirman, Kecamatan Pengadegan, dengan nilai α 0,00 < 0,05. Sumbangan efektif efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar sebesar 71,3%. Kata kunci: efikasi diri, regulasi diri, motivasi belajar date: 2023-12-21 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Zakhwa, Hemi Tri (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS JENDRAL SOEDIRMAN, KECAMATAN PENGADEGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79844/1/Hemi%20Tri%20Zakhwa.pdf