%0 Thesis %9 S1 %A Waluyo, Entin Hardini %A Universitas Negeri Yogyakarta, %B Administrasi Pendidikan %D 2023 %F UNY:79843 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %K Karakter, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila %T PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI JONGKANG KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/79843/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Jongkang. SD Negeri Jongkang menjadikan Profil Pelajar Pancasila sebagai landasan pengembangan nilai karakter sesuai nilai-nilai Pancasila dengan tiga dimensi karakter gotong rorong, mandiri, dan kreatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian yang terdiri atas Kepala Sekolah, Koordinator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta Guru kelas I dan IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, dokumentasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berjalan telah memenuhi pedoman pelaksanaannya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dikategorikan baik dengan terlaksananya aspek- aspek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, sampai dengan penilaian yang berhasil membentuk karakter peserta didik sehingga mampu menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila.