TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT, dan (2) meningkatkan minat belajar matematika pada materi data dengan model kooperatif TGT pada siswa kelas II SDN 1 Trirenggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 1 Trirenggo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket, lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh, minat belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I minat belajar siswa menunjukan presentase sebesar 66,47% dan pada siklus II memperoleh presentase sebesar 86,53%. Data tersebut menunjukan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa 20,06% pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif teams games tournament. Kata Kunci : Data, Minat Belajar, Model Kooperatif TGT AV - restricted ID - UNY79835 TI - UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS II SDN 1 TRIRENGGO A1 - Amanah, Indriani Nur UR - http://eprints.uny.ac.id/79835/ M1 - skripsi Y1 - 2024/12/17/ PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ER -