%T PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS IV KAPANEWON PAKEM KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %D 2023 %L UNY79831 %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan motivasi belajar siswa kelas V SD se-gugus IV Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman yang belum maksimal. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD se-gugus IV Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus IV Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman yang berjumlah 107 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 85 siswa yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala yang diujicobakan kepada 50 siswa. Instrumen pengumpulan data mengunakan skala fasilitas belajar dan skala motivasi belajar. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji regresi linear sederhana dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,865 > 1,989. maka H0 diterima, sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, (2) Hasil R Square sebesar 0,222 menunjukkan bahwa bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 22,2% sedangkan 77,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: fasilitas belajar, motivasi belajar, siswa %A Yustina Rahma Sari