relation: http://eprints.uny.ac.id/79829/ title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SD N MINOMARTANI 1 SLEMAN creator: Kinasih, Riskika Putri Nur subject: Bahasa Jawa subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aksara jawa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas III SD Negeri Minomartani 1 Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Minomartani 1 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini terdiri dari II siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, lembar wawancara dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskripsi kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar aksara jawa pada kelas III SD Negeri Minomartani 1. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,3% dan meningkat menjadi 90%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam nilai rata – rata siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa sebesar 14,5%. Kata Kunci: Hasil belajar, aksara jawa, model Teams Games Tournament date: 2023-12-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/79829/1/Riskika%20Putri%20NK.pdf identifier: Kinasih, Riskika Putri Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SD N MINOMARTANI 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.