@phdthesis{UNY79828, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, year = {2023}, month = {December}, author = {Khairunnisa Zulfa Alifah}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS IV SD MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/79828/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap kemampuan koneksi matematika materi pembagian kelas IV SD Muhammadiyah Al-Mujahidin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Al-Mujahidin yang berjumlah 100, sedangkan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 50 peserta didik yang terbagi di kelas Olympiad dan Brilliant. Kelas IV Olympiad digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Briliant sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, yakni pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa tes koneksi matematis yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata ? rata pretest kelas eksperimen adalah 60,48 dan kelas kontrol 56,48. Sedangkan, posttest kelas eksperimen 84,64 dan kelas kontrol 65,04. Hasil posttest kelas eksperimen masuk pada kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori cukup. Hasil data uji t-independen diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, maka terdapat perbedaan rata ? rata kemampuan koneksi matematika antara model SOLE dengan model direct instruction. Jadi, hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan model SOLE terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : Model Self Organized Learning Environment (SOLE), koneksi matematika, pembagian} }