eprintid: 79827 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/98/27 datestamp: 2023-12-19 06:41:57 lastmod: 2023-12-19 06:41:57 status_changed: 2023-12-19 06:41:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ainun, Tri Ratna title: IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD N MONGGANG ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program adiwiyata dalam proses pembelajaran tematik di SD N Monggang. Program adiwiyata dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap lingkungan hidup. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, koordinator tim adiwiyata bidang kurikulum, guru kelas, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata dalam proses pembelajaran tematik di SD N Monggang sudah dilaksanakan sesuai dengan standar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang tertera pada komponen kurikulum berbasis lingkungan sebagai penunjang terlaksananya program adiwiyata dalam proses pembelajaran. Perencanaan dilakukan setiap awal tahun ajaran baru dengan melibatkan seluruh stakeholder sekolah. Perencanaan yang dilakukan meliputi penentuan tim pengembang kurikulum, penyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah, dan perencanaan kegiatan pembelajaran dengan penyusunan struktur kurikulum, penetapan kriteria ketuntasan minimal belajar, dan pengintegrasian materi lingkungan hidup dalam perangkat pembelajaran. Pelaksanaan berkaitan dengan kompetensi tenaga pendidik dalam mengembangkan pembelajaran lingkungan hidup dan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup yang dilakukan peserta didik. Evaluasi dilakukan dengan penilaian terhadap capaian hasil belajar dan supervisi pembelajaran lingkungan hidup. Hasil evaluasi dijadikan dasar penentuan upaya tindak lanjut. Kata kunci: program adiwiyata, pembelajaran tematik, sekolah dasar date: 2023-12-19 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ainun, Tri Ratna (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD N MONGGANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79827/1/Tri%20Ratna%20Ainun.pdf