eprintid: 79824 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/98/24 datestamp: 2023-12-19 03:44:44 lastmod: 2023-12-19 03:44:44 status_changed: 2023-12-19 03:44:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safitri, Devi Ariyani title: PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MENGGUNAKAN REWARD STICKER PICTURED UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MULYODADI ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan mengetahui proses peningkatan kedisiplinan belajar menggunakan reward sticker pictured terhadap siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi yang berjumlah 12 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Pengumpulan data menggunakan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukan apabila terdapat peningkatan persentase setiap indicator kedisiplinan belajar dan persentase kedisiplinan belajar siswa dari pratindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan belajar pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi. Kedisiplinan belajar siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan reward sticker pictured, yaitu: (1) mengondisikan kelas, (2) memberikan apersepsi dan motivasi, (3) menggunakan reward sticker pictured dalam upaya membina dan mengembangkan disiplin belajar siswa, (4) menggunakan reward sticker pictured sesuai dengan kondisi psikologi peserta didik, (5) menggunakan reward dan punishment yang tepat dalam upaya meningkatkan disiplin belajar siswa, dan (6) melaksanakan kegiatan refleksi dari proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil persentase jumlah siswa yang memiliki kedisiplinan belajar kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus I 41% dan siklus II 67%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward sticker pictured dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah Mulyodadi. Kata kunci : kedisiplinan belajar, reward sticker pictured, sekolah dasar, kelas rendah date: 2023-12-19 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Safitri, Devi Ariyani (2023) PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MENGGUNAKAN REWARD STICKER PICTURED UNTUK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH MULYODADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79824/1/Devi%20Ariyani%20Safitri.pdf