%0 Thesis %9 S1 %A Lukmitasari, Aziza %B PGSD %D 2023 %F UNY:79816 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI KASIHAN, BIBIS, TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/79816/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung, dan faktor penghambat pengembangan sekolah ramah anak di SD Negeri Kasihan, Bibis, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya yaitu meliputi kepala sekolah, guru ketua tim, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengembangan sekolah ramah anak di SD Negeri Kasihan dilaksanakan dengan baik melalui adanya rapat kepala sekolah dengan guru, orang tua, dan komite sekolah, penyerahan data ramah anak kepada koordinator wilayah Kasihan, dan pembentukan tim SRA sesuai tugas dan fungsinya. Pelaksanaan pengembangan sekolah ramah anak dilakukan dengan sudah baik adanya berbagai komponen yaitu: kebijakan sekolah ramah anak, pembelajaran ramah anak, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak anak, sarana dan prasarana, partisipasi anak, partisipasi orang tua, komite, serta dunia usaha tanpa adanya diskriminasi anak. Evaluasi sekolah ramah anak sudah cukup baik dengan memberikan evaluasi langsung kepada siswa dan dipantau kemudian dilaporkan untuk dibahas di semester akhir. Faktor pendukungnya sudah baik yaitu dengan sekolah berbasis budaya, sumber daya manusia yang mumpuni, dan keterlibatan orang tua sedangkan faktor penghambat sudah cukup yaitu latar belakang siswa yang berbeda dan partisipasi masyarakat yang kurang. Kata kunci: sekolah ramah anak, sekolah dasar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi