eprintid: 79800 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/07/98/00 datestamp: 2023-12-18 02:40:56 lastmod: 2023-12-18 02:40:56 status_changed: 2023-12-18 02:40:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dona, Erma corp_creators: Dr. Ngatman, M.Pd. title: Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intruction (DI), Teaching Games for Understanding (TGfU) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli di SMP Negeri 3 Rupat, Kabupaten Bengkalis ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pendidikan_jasmani full_text_status: public keywords: Direct Instruction & Teaching Game for Understanding, motivasi, passing bawah bola voli note: Dosen Pembimbing: Dr. Ngatman, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Direct Intruction (DI) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli di SMP Negeri 3 Rupat, Kabupaten Bengkalis. Metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif diberlakukan untuk menerapkan model pembelajaran DI dan TGfU sebanyak 12 kali pertemuan pada kelas VII yang berjumlah 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengukuran pada hasil belajar passing bawah bola voli dan menggunakan angket untuk mengukur motivasi peserta didik. Teknik analisis two-way ANOVA (analisis varian ganda) digunakan untuk membedakan mean beberapa distribusi data kelompok subyek penelitian yang dilakukan sekaligus untuk dua jenis variabel perlakuan. Apabila terbukti terdapat interaksi maka akan dilakukan uji lanjutan yaitu uji Tukey, dengan menggunakan program software SPSS version 23 for windows dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua model pembelajaran tersebut. Nilai F sebesar 9,452 dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) memiliki nilai rata-rata total yang lebih tinggi (baik) yaitu sebesar 15,85, dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) dengan nilai rata-rata nilai 10,55 dalam hasil belajar passing bawah bola voli. Simpulan penelitian yaitu ada interaksi dan perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Direct Intruction (DI) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli, serta ada perbedaan pengaruh antara peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar passing bawah bola voli date: 2023-12-08 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani thesis_type: tesis citation: Dona, Erma (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intruction (DI), Teaching Games for Understanding (TGfU) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli di SMP Negeri 3 Rupat, Kabupaten Bengkalis. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/79800/1/fulltext_erma%20dona_22633251031.pdf