%0 Thesis %9 S1 %A NINA, ISNAWATI %A DHYAH SETYORINI, M.Si., Ak, %A DIANA RAHMAWATI, M.Si, %A ANI WIDAYATI, M.Pd, %B FAKULTAS EKONOMI %D 2012 %F UNY:7980 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/7980/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket untuk mengumpulkan data Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar. Metode dokumentasi untuk mendapatkan data Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 33 siswa SMK Taman Siswa Banjarnegara untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,121 p-value = 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,308 yang artinya variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi sebesar 30,8%, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,814 p-value = 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,364 yang artinya variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi sebesar 36,4% (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 23,101 > 3,150 dengan koefisien determinasi sebesar 0,443 yang artinya variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi sebesar 44,3%.