%0 Thesis %9 S1 %A Fauziah, Luthfi %B Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %D 2023 %F UNY:79741 %I Universitas negeri Yogyakarta %T HUBUNGAN ORIENTASI TUJUAN DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA SMP NEGERI 3 PAKUAN RATU %U http://eprints.uny.ac.id/79741/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) orientasi tujuan, (2) tingkat stress akademik, (3) hubungan dari orientasi tujuan penguasaan dengan stres akademik, dan (4) hubungan dari orientasi tujuan kinerja dengan stress akademik pada siswa sekolah menengah pertama di SMP Negeri 3 Pakuan Ratu. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Pakuan Ratu yang berjumlah 172 siswa, seluruh siswa dijadikan subjek dalam penelitian. Data diambil dengan menggunakan Goal Orientation Questionnaire dan Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA). Hasil uji reliabilitas skala Goal Orientation Questionnaire pada dimensi penguasaan adalah 0,943, dan dimensi kinerja adalah 0,896, sedangkan hasil uji reliabilitas skala ESSA adalah 0,940. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Pearson Product Moment menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan, (1) 48,3% siswa memiliki orientasi tujuan penguasaan dan 45,9% siswa memiliki orientasi tujuan kinerja, (2) 40,7% siswa mengalami stres akademik dalam kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi tujuan penguasaan dengan stres akademik pada, dan (4) adanya hubungan yang signifikan antara orientasi tujuan kinerja dengan stres akademik pada siswa SMP Negeri 3 Pakuan Ratu. Kata kunci: orientasi tujuan, siswa smp, stres akademik.